Mentransformasi bisnis ke ranah digital membutuhkan lebih dari membuat toko daring. Memilih vendor IT terbaik Indonesia akan membukakan strategi menyeluruh bidang IT hingga strategi pemasaran digital yang tepat.

Melalui jasa vendor IT terbaik Indonesia, perusahaan Anda akan mendapatkan konsultasi dan layanan teknis berkualitas tinggi. Akan tetapi, dari sekian banyak perusahaan penyedia jasa terkait IT di negeri ini, menyeleksi yang paling pas untuk berbagai faktor tentu bukan perkara yang mudah dan cepat dilakukan. Berikut tips agar mendapatkan mitra transformasi bisnis digital:

5 Faktor dalam Memilih Vendor IT Terbaik Indonesia

1. Tujuan Digitalisasi

Anda sebaiknya menentukan terlebih dahulu tujuan digitalisasi bisnis, apakah sementara atau menyeluruh. Tujuan yang diambil nantinya akan menentukan anggaran dan tipe teknologi yang dibutuhkan. Tujuan sebagian misalnya cukup membuat aplikasi atau toko daring berbasis web yang stabil dan rumit. Vendor IT dalam hal ini hanya akan membantu dalam hal penyediaan tenaga profesional berupa developer dan UI/UX designer.

Sedangkan tujuan menyeluruh contohnya adalah membangun jaringan infrastruktur IT di kantor hingga penyediaan strategi pemasaran digital. Untuk solusinya, vendor IT akan memberikan serangkaian ahli IT berbagai bidang hingga menyediakan konsultasi terkait jaringan infrastrukturnya.

Saat memilih vendor IT, tanyakan cakupan layanan mereka, yang berarti apakah memang mencakup atau memenuhi kebutuhan digitalisasi Anda atau tidak. 

2. Anggaran

Dengan tujuan yang sudah jelas, Anda tinggal membuat susunan anggarannya. Riset terlebih dahulu harga yang berlaku di pasaran. Setelah perusahaan Anda sepakat mengenai kisaran harga, barulah menyeleksi vendor IT dengan tawaran harga yang dimaksud. Selain menanyakan harga, perjelas mengenai durasi pengerjaan, sistem pengerjaan, dan layanan purna pengerjaan. Contohnya, untuk layanan pengerjaan aplikasi, tanyakan secara terperinci sistem kerja mereka nantinya.

3. Jenis teknologi

Dalam menentukan vendor IT terbaik Indonesia, Anda disarankan memperbanyak informasi mengenai teknologi terkini. Ini akan menjadi bahan yang sangat membantu saat menanyakan calon vendor tentang teknologi yang mereka gunakan. Beberapa sub topik yang bisa dikembangkan adalah tentang fitur, keamanan, dan infrastruktur fisiknya.

Baca juga: Sebelum Memilih Vendor IT untuk Perusahaan, Perhatikan Ini

4. IT Support

Elemen ke-4 ini tidak kalah pentingnya. Saat pengerjaan atau bahkan setelah project selesai, masalah, seperti bug atau server down, bisa saja terjadi. Tanyakan apakah vendor yang akan diajak bekerja sama menyediakan layanan IT Support, seperti helpdesk atau on-site visit. Jika iya, perjelas biaya yang harus dibayar.

5. Skalabilitas

Dalam skema tujuan yang menyeluruh seperti pada poin 1, visi skalabilitas termasuk di dalamnya. Skalabilitas berarti kemampuan sistem memperbesar kapasitasnya untuk mendukung kinerja yang lebih optimal seiring dengan perkembangan suatu bisnis. Semakin besar bisnisnya, semakin besar biaya yang dibutuhkan. Ini terkait dengan penambahan jumlah data dan komputasinya beserta ketangguhan infrastruktur IT perusahaan. Tanyakan mengenai skema layanan dan pembiayaan jika Anda ingin langsung memetakan bisnis di masa depan.

Baca juga: Cara Memilih Vendor IT Jakarta Terbaik, Perhatikan Hal-hal Berikut

TOG Indonesia, Salah Satu Vendor IT Terbaik Indonesia

PT Triple One Global Indonesia (PT. TOGI) menyedia layanan seputar IT yang menyeluruh untuk mendampingi bisnis apa saja agar bisa mengoptimalkan peluang di era industri 4.0. Persaingan lokal maupun global mendatangkan berbagai tantangan yang dari segi IT dapat menjadi rumit dan lambat tanpa pendampingan layanan dari yang sudah berpengalaman.

Dapatkan kandidat bidang IT yang telah kami seleksi secara ketat yang nantinya akan menyumbang terhadap perkembangan bisnis Anda di dunia digital. Kami memiliki database yang lengkap berupa talenta bidang programmer, business analysis, hingga project management. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)