Tips Menjadi Programmer – Dalam era teknologi saat ini, siapa sih yang tidak kenal Bill Gates? Bill Gates adalah programmer komputer paling populer sepanjang masa, tokoh bisnis amerika, perintis PC, Investor dan seorang yang sangat dermawan. Dia adalah co-founder, ex-executive officer dan chairman Microsoft saat ini, yang merupakan perusahaan perangkat lunak komputer pribadi terbesar di dunia.

Bill Gates sudah sering dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Padahal, perjalanan hidupnya bisa dibilang tidak terlalu mulus dimana ia lebih memilih drop out dari universitas.

Bill Gates merupakan seorang programmer komputer yang paling populer sepanjang masa, tokoh bisnis amerika, perintis PC, Investor dan seorang yang sangat dermawan. Dia adalah co-founder, ex-executive officer dan chairman Microsoft saat ini, yang merupakan perusahaan perangkat lunak komputer pribadi terbesar di dunia.

tips menjadi programmer

Selain menangani dari sisi bisnis perusahaan, Gates juga secara pribadi mengawasi setiap kode yang ditulis oleh karyawanya, sering kali memperbaiki yang dia anggap tidak tepat atau buggy. Selain keterampilan pemrogramannya, dia secara luas dipuji karena kemurahan hatinya dan perencanaan investasi yang tajam.

Cara terbaik untuk menjadi programmer adalah menulis program, dan mempelajari program hebat yang telah ditulis orang lain – Bill Gates

Berikut ini ada 11 Tips Menjadi Programmer Selevel Bill Gates, antara lain:

  1. Berlatih dan temukan kesalahan
    tips menjadi programmerBerlatihlah menulis kode program agar menjadi lebih baik, analisa kode itu dan temukan kesalahanya. Semakin sering anda menemukan kesalahan maka anda akan semakin tajam dalam menyadari sebuah kesalahan. Sehingga kedepan anda diharapkan belajar dari kesalahan dan dapat menulis kode tanpa ada kesalahan.
  2. Belajar sendiri dari website atau buku
    Cara sebagian orang agar menjadi programmer yang baik adalah membaca, membaca dari berbagai sumber website dan buku yang ditulis dari orang-orang berpengalaman.
  3. Berkaca/Refleksi
    tips menjadi programmerRefleksi adalah hal yang sanagat penting, setiap kali anda memberbaiki bug dalam kode anda, anda harus melihat dan merenungkanbagaimana anda dapat menghindari kesalahan/bug di project sekarang dan project yang akan datang.
  4. Belajar dari programmer lain
    Cobalah mengerjakan proyek dari berbagai jenis proyek. Gunakan setiap proyek sebagai metode belajar, kerjakan dengan baik pada hal2 yang tidak anda kenal, karena nanti anda akan memperoleh keterampilan baru. Tanyakan pada programmer lain, tentang kode yang anda tulis. Lebih bagusnya programmer lain itu lebih senior daripada anda, sehingga nanti akan mendorong kualitas kodemu semakin baik.
  5. Buat projects opensource
    Buatlah proyek-proyek opensource di Source Forge atau Github. Dengan cara ini dapat meningkatkan kemampuan pemrograman anda. Anda diharapkan dapat berbagi dan berdiskusi tentang apa yang anda tulis dengan programmer di seluruh dunia yang tertarik dengan proyek opensource anda. Tulislah dokumentasi tentang proyek yang anda buat, ini akan membuat anda lebih paham dan mendalami tentang proyek yang anda tulis.
  6. Membaca code
    Bacalah dan pahamilah proyek-proyek opensource yang ada di Source Forge atau Github. Pahami bagaimana acara kerjanya dan temukan pola atau sesuatu yang bisa anda terapkan dalam proyek anda sendiri.
  7. Menguasai satu atau banyak bahasa program[jack of all trades, master of none]
    Ada 2 pilihan untuk menjadi programmer yaitu menguasai satu atau banyak bahasa pemrograman. Jika anda hanya ingin menguasi satu bahasa pemrograman maka jadilah yang terbaik di bahasa itu. Namun dapat dikatakan teknologi pemrograman terus berubah cepat, akan lebih baik menjadi multi-terampil dalam beberapa bahasa[jack of all trades, master of none]. Hal ini memungkinkan anda dapat bekerja pada banyak bahasa dan membuat anda paham perbedaan dari setiap bahasa yang anda pelajari. Tetapi dapat dipastikan bahwa anda tidak akan begitu baik dari setiap bahasa yang anda pelajari.
  8. Aktif di media sosial
    Teknologi membuat kita mudah dalam belajar, yang sebelumnya kita harus masuk kelas, sekarang untuk mencari sumber informasi bisa didapat dimanapun, bisa bertanya pada guru atau teman melalui media sosial. Gabung dan aktif pada group-group khusus yang membahas tentang apa yang sedang anda pelajari. Misalnya saat ini saya sedang belajar React Native maka saya ikut gabung group yang membahas React Native.
  9. Unit Test
    Dengan unit test anda akan mengetahui bahwa suatu unit program yang anda buat layak untuk dipakai atau tidak. Unit tes biasanya ditulis dan dijalankan oleh programmer untuk memastikan bahwa kode memenuhi desain dan berperilaku sebagaimana diinginkan. Tujuan dari pengujian unit adalah mengisolasi setiap bagian dari program dan menunjukkan bahwa bagian-bagian individu (unit-unit tersebut) adalah benar. Di dalam procedural programming methodology, sebuah unit adalah sebuah function atau sebuah procedure.
  10. Lakukan Code Review
    Melakukan review kode itu penting, akan menjadikan anda sebagai programmer yang berkualitas. Melalui review anda dapat meningkatkan kualitas kode anda dengan menerima saran dan kritik dari programmer lain pada saat yang bersamaan anda juga dapat membantu programmer lain meningkatkan kualitas kodenya.
  11. Ngobrol dan bersenang-senang
    Jangan lupa untuk bersosialisasi dengan orang lain, di anjurkan dengan orang yang berbeda dengan bidang anda. Karena mungkin anda akan merasa jenuh jika setiap hari membahas topik bidang yang sama.

Itulah beberapa pembahasaan kita hari ini tentang 11 Tips Menjadi Programmer Selevel Bill Gates, Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang mencari tips menjadi programmer. Apabila Anda membutuhkan karyawan yang andal di bidang IT serta butuh pelatihan training IT, Kami siap untuk membantu Anda. silakan klik link di bawah ini.

Contact


tog indonesia

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 89 times, 1 visits today)