7 Cara Menjadi Pemimpin Yang Baik Dan Disukai Bawahan

Tidak banyak orang yang dilahirkan alami sebagai pemimpin. Kebanyakan pemimpin mengambil tanggung jawab untuk melatih diri mereka menjadi efektif. Apakah belajar dari kebijaksanaan orang lain atau mendapatkan wawasan dari pengalaman pribadi, menjadi pemimpin yang lebih efektif adalah tentang apa yang Anda lakukan, bukan apa yang Anda tahu.

Selain itu menjadi leader yang baik bukan lantas berarti menerapkan sistem monarki absolut. sehingga sesuka hati menyuruh anak buah dan mengambil keputusan sendiri tanpa terlalu ambil pusing pemikiran anak buahnya.

Menjadi pemimpin atau leader yang disukai bawahan bukanlah hal yang mudah. Karena selain akan menjadi panutan bawahan, anda juga diwajibkan untuk menguasai beberapa bidang lebih banyak ketimbang yang lain.

Seorang leader yang baik juga tidak hanya dinilai baik dari hasil kerjaan, namun beberapa kriteria baik bisa didapat dari pribadi masing-masing pemimpin itu sendiri.

Info Loker

Berikut ini adalah 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadi pemimpin yang baik dan disukai bawahan:

1. Selalu mencontohkan disiplin akan waktu

pemimpin

Banyak hal yang bersangkutan dengan waktu tentunya. Semisal jam keberangkatan yang konsisten bisa membuat anda menjadi panutan bawahan anda dengan kedisiplinan tersebut.

Hal lain seperti tepat waktu akan selesainya kerjaan juga akan membuat anda disegani dan menjadi contoh baik tentunya. Ketepatan atau kedisiplinan waktu yang terjaga juga akan membuat semua hal menjadi maksimal dalam hasilnya.

2. Dituntut bersikap adil dan tegas

Sifat seperti ini sangat sekali dibutuhkan, dimana anda dituntut untuk tidak mendiskriminasi bawahan atau lebih mudahnya bersikap adil kepada semua bawahan.

Jika memang ada yang melanggar atau menyepelekan peraturan, berikan punishment yang sesuai dengan apa yang dilanggarnya. Bersikaplah layaknya anda menjadi seorang hakim di suatu kasus, dimana keadilan menjadi hal mutlak di dalamnya.

Sebagai seorang bos, jangan pernah membeda-bedakan antar karyawan, misalnya lebih respek pada karyawan tetap daripada karyawan kontrak, atau lebih memilih mengangkat karyawan yang lebih anda kenal daripada mengangkat karyawan kontrak menjadi karyawan tetap dengan penilaian prestasi.

3. Bersikap baik tidak cuek dan juga pelit

pemimpin

Yang dimaksudkan adalah di saat Anda berpapasan dengan bawahan di luar kantor jangan ragu untuk menegur terlebih dahulu. Selain itu jika sekiranya ada bawahan yang membutuhkan bantuan dalam pekerjaan atau hal lain, setidaknya tunjukan rasa peduli anda.

Banyak cara untuk menunjukkan rasa peduli tersebut, lakukan dengan secukupnya dan pastikan itu membuat nyaman bawahan Anda.

4.Jalankan peraturan secara konsisten

Menjalankan peraturan secara konsisten adalah bukti bahwa Anda adalah seorang pemimpin yang tegas, tidak plin-plan dan tidak pilih kasih atau memihak.

Jika Anda membuat peraturan dalam perusahaan untuk memberi sanksi pemotongan gaji bagi karyawan yang mangkir kerja, Anda harus melakukannya jika ada karyawan yang kedapatan melakukannya.

Dengan demikian, karyawan Anda juga merasa diperlakukan secara adil, tegas, dan menilai Anda sebagai pemimpin yang baik

5. Mampu mempengaruhi melalui perkataan (komunikasi yang baik)

pemimpin

Pemimpin juga bisa memberikan pengaruh terhadap keputusan yang Ia putuskan. Karena setiap keputusan yang diambil dan ditetapkan maka anggotanya juga pasti akan mengikuti apa yang menjadi keputusan dari pemimpin Anda tersebut.

Dalam hal ini juga pemimpin haruslah mempunyai jalinan komunikasi yang baik, karena pemimpin jika tidak memberikan jalinan komunikasi yang baik maka akan berpengaruh kepada bawahan-bawahan yang lain. Untuk itu berpikirlah sebelum Anda berbicara di hadapan anggota tim Anda.

6. Jangan memberikan perilaku atau contoh yang buruk

Suatu hal yang sebenarnya tidak hanya harus dilakukan jika menjadi leader, melainkan semua orang termasuk tak terkecuali karyawan lain di dalam perusahaan tersebut.

Namun tentunya itu harus dimulai dari diri anda sebagai leader. Karena dengan Anda membuang jauh perilaku buruk yang berarti negatif tersebut, tentu akan membuat bawahan anda secara tidak langsung akan mencontohnya. Karena pasti bawahan yang baik bermula dari leader yang baik pula.

7. Menerima saran atau masukan dengan baik

pemimpin

Yang terakhir ini yang terkadang sering sekali Anda hiraukan sebagai seorang leader. Kritik yang masuk maupun saran yang sederhana sekalipun, sebaiknya jangan pernah Anda abaikan begitu saja. Terima dan cerna dengan baik demi terbentuknya jati diri leader yang baik pula tentunya. Karena semua itu termasuk dalam perjalanan anda menjadi leader yang akan dicintai karyawan.

Sebagai pemimpin yang baik, usahakan selalu berikan kontribusi dengan maksimal dan berusaha selalu menjadi yang terbaik untuk perusahaan Anda. Namun jika masih saja ada yang tidak suka akan langkah, keputusan, atau kebijakan yang anda ambil jadikanlah itu sebagai bonus dalam kehidupan Anda.

Satu hal lagi yang perlu anda ketahui untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Jangan pernah anggap karyawan anda sebagai orang yang bisa anda suruh tiap kali anda butuhkan. Karena perlu anda ingat, mereka juga manusia sama seperti anda yang memiliki daya dan kemampuan yang tidak lepas dari kekurangan.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

(Visited 147 times, 1 visits today)