Kadang hal yang paling sulit dalam memperoleh sebuah pekerjaan adalah karena sulitnya melewati tahapan wawancara khususnya bila yang mewawancari kita adalah bagian personalia / HRD. Namun rupanya saat wawancara, ada rahasia tersembunyi yang perlu diketahui oleh para pencari kerja khususnya yang baru masuk dunia kerja.

Hal – hal yang dirahasiakan HRD :

Setelah Anda menganggur lebih dari enam bulan, Anda akan dianggap sulit diterima bekerja. Kami berasumsi bahwa orang lain lebih berpeluang dari Anda, sehingga kami pun tidak mau berurusan dengan Anda. -Cynthia Shapiro, mantan eksekutif divisi SDM.

Foto by Kompasiana.com

Dari pernyataan ini, dapat disimpulkan sebaiknya bagi orang yang sudah bekerja sebelumnya untuk tidak menganggur terlalu lama. Sebaiknya mencari pekerjaan selagi masih berstatus sebagai karyawan dan akan menyelesaikan pekerjaan / project dalam waktu dekat, agar perusahaan yang ingin anda masuki nantinya tidak memandang anda sebagai karyawan “yang dibuang” atau karyawan yang suka main-main.

Dalam hal mengenai mencari pekerjaan, orang yang Anda kenal akan sangat berpengaruh. Tidak peduli seberapa bagus CV Anda atau seberapa hebat pengalaman Anda, semuanya sangat bergantung pada koneksi. -Direktur SDM di fasilitas kesehatan.

Foto by Shareyuk.id

Adalah benar dengan adanya orang yang kita kenal di suatu perusahaan akan membantu / memudahkan kita untuk masuk dan bergabung dengan perusahaan yang kita ingin masuki. Maka dari itu perbanyak teman, dan jalin relasi sebaik mungkin

Jika Anda mencoba mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan tertentu, sering kali hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk menghindari bagian SDM sepenuhnya. Carilah seseorang di perusahaan tersebut yang Anda kenal, atau hubungi langsung manajer rekrutmen. -Shauna Moerke, administrator SDM di Alabama.

Foto by Job-Like.com

Tidak berbeda jauh dengan point kedua, namun dari pernyataan ini dapat disimpulkan bila anda memiliki teman yg memiliki posisi tinggi / berpengaruh disuatu perusahaan maka bisa saja anda menjadi karyawan diperusahaan tersebut tanpa harus melewati tahapan tes apapun.

Orang mengira seseorang akan membaca surat lamaran mereka. Saya belum pernah membaca satu pun surat lamaran dalam 11 tahun.-Direktur SDM di sebuah perusahaan jasa keuangan.

Foto by Okezone.com

Surat lamaran kerja hanyalah suatu formalitas belaka yg hampir pasti tidak dilihat / dibaca sama sekali oleh HR. Karena pada intinya yang menjadi penentu suatu orang diterima adalah skill dan kemampuan melewati semua test yg diberikan.

Kami akan menilai Anda berdasarkan alamat email Anda. Terutama jika nama alamat email tersebut merupakan sesuatu yang tidak pantas seperti [email protected] atau [email protected] -Rich DeMatteo, konsultan rekrutmen di Philadelphia

Jangan pernah memakai alamat email yang terkesan “lebay”. Biasanya bila ada pelamar yg mencantumkan alamat email yang demikian, bisa dipastikan dia ditolak sebelum dipanggil untuk tes.

Sangat mengejutkan ketika orang datang untuk wawancara dan berkata, ‘Bisakah Anda ceritakan tentang pekerjaan di sini? Yang benar saja. Ada yang namanya internet. Carilah di sana. ” -Profesional personalia di New York City

Foto by pixabay.com

Jangan malas utk mencari tau ttg perusahaan yg ingin anda masuki, selain menghindari   kemungkinan anda salah masuk dan terkesan “terjebak”, ini juga mnjadi point plus bagi anda karena anda dianggap serius untuk bergabung.

 

Source: http://yahoo.com

(Visited 46 times, 1 visits today)