7 Tips Manajemen Waktu Agar Kita Lebih Produktif

Halo Sobat TOG, Manajemen waktu merupakan suatu kemampuan yang sering disepelekan. Meskipun terlihat mudah, nyatanya masih banyak orang belum paham dan belum menemukan ritme kerja yang efisien. Padahal dengan manajemen waktu yang baik, produktivitas bisa lebih mudah dicapai dan pekerjaan pun akan cepat selesai.

Jangan berpikir dan mengatakan bahwa Anda tidak memiliki waktu. Sebab sebagaimana orang lain, Anda juga diberikan waktu yang jumlahnya sama persis dengan yang dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di sekitar Anda.

Manajemen waktu sendiri bukan sekedar hal yang memiliki common pattern dan harus Anda ikuti terus menerus, melainkan hal yang bisa terus berkembang dan dapat Anda improvisasi.

Info Loker

Berikut adalah 7 tips yang bisa Anda lakukan jika ingin manajemen waktu lebih produktif:

1. Buat to-do-list pekerjaan hari ini

7 Tips Manajemen Waktu Agar Kita Lebih Produktif

Untuk manajemen waktu, kita harus menulis tugas dan deadline apa saja hari ini yang harus kita selesaikan. Dengan to-do list, kita bisa menuliskan rencana-rencana tersebut dan menandai mana yang sudah kita laksanakan dan mana yang belum.

Otak manusia memang tidak didesain untuk mengingat setiap hal selamanya, untuk menghindari hal ini, sebaiknya buatlah catatan atau pasang pengingat di kalender agar kamu tidak melewatkan tanggal deadline ataupun mencatat di buku jurnal, kamu bisa memilih cara apapun yang menurutmu paling mudah.

2. Selesaikan pekerjaan yang paling penting dahulu

7 Tips Manajemen Waktu Agar Kita Lebih Produktif

Ketika bekerja atau melakukan berbagai hal lainnya di dalam kehidupan Anda, sangat penting untuk selalu menyelesaikan yang paling penting terlebih dahulu. Barulah setelah itu disusul dengan mengerjakan pekerjaan lainnya.

Ini akan menjadi pola pikir yang memudahkan Anda dalam mengelola pekerjaan. Dan Anda akan memiliki sejumlah waktu yang cukup memadai untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan penyelesaiannya.

3. Belajar untuk selalu fokus

7 Tips Manajemen Waktu Agar Kita Lebih Produktif

Jika Anda setiap hari bekerja di depan layar komputer, biasakan untuk selalu fokus dan mengerjakan apa yang menjadi tugas Anda dengan baik. Hindari godaan untuk membuka berbagai jendela yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda sehingga pekerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu.

Jangan sampai waktu Anda habis terbuang dengan percuma untuk berbagai kegiatan atau kebiasaan yang Anda miliki dan tidak memberi manfaat yang maksimal di dalam kehidupan Anda. Dengan cara ini Anda bisa langsung mengerjakan pekerjaan yang lainnya sesuai dengan to-do-list Anda sendiri hari ini.

4. Istirahat yang cukup

7 Tips Manajemen Waktu Agar Kita Lebih Produktif

Jangan sepelekan waktu tidur Anda dengan melakukan berbagai hal yang tidak berguna, semisalnya begadang yang tak ada artinya atau berselancar di dunia maya hingga pagi.

Berbagai hal tersebut akan mengganggu jam tidur Anda. Dan sejumlah aktivitas yang mau Anda lakukan pada pagi hari juga jadi terganggu. Anda akan sulit fokus dalam menyelesaikan berbagai tugas dan juga pekerjaan karena kurang tidur dan istirahat.

5.  Berani mengambil keputusan

7 Tips Manajemen Waktu Agar Kita Lebih Produktif

Pengambilan keputusan bukan hanya dibutuhkan di dunia kerja, melainkan juga dalam semua aspek kehidupan. Untuk sebagian orang, memutuskan sesuatu mungkin saja bukanlah hal yang mudah.

Jika kamu tidak pernah belajar untuk mengambil keputusan, kamu akan banyak membuang-buang waktu untuk terus berpikir dan menimbang-nimbang berbagai hal.

6. Belajar untuk mengatakan “Tidak”

7 Tips Manajemen Waktu Agar Kita Lebih Produktif

Hal yang sering kali kita lakukan adalah membuang-buang waktu untuk sejumlah kegiatan yang tidak begitu penting. Hal ini justru membuat kita rugi dan tidak mendapatkan apa-apa.

Mulailah berkomitmen untuk menolak berbagai kegiatan atau hal yang akan menyia-nyiakan sejumlah waktu Anda yang berharga dengan percuma. Dan fokuskan ke pekerjaan yang menurut Anda sedang mendesak dan penting untuk segera selesai.

7. Delegasikan tugas dan jangan ragu minta bantuan

7 Tips Manajemen Waktu Agar Kita Lebih Produktif

Nah Anda sudah melakukan segala cara, tapi tetap sulit untuk memenuhi target deadline? Coba periksa kembali cara Anda bekerja dan jangan ragu untuk meminta bantuan kepada teman/rekan kerja.

Jika sedang mengerjakan tugas kelompok/tim, coba bagi tugas dengan porsi yang rata dan mintalah anggota tim untuk saling membantu saat dibutuhkan. Tim yang baik tentu harus bisa saling tolong menolong, bukan?

Salah satu kunci utama sukses manajemen waktu adalah dilakukan secara teratur. Kalau Anda sendiri tidak bisa teratur melakukannya. Dijamin waktu kerjamu juga pasti akan berantakan.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita ya.

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

(Visited 16 times, 1 visits today)