Bahasa pemrograman Java memang menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk saat ini. Selain itu belajar bahasa Java memiliki dapat memiliki keuntungan bagi kita. Karena belajar bahasa java membuat peluang kita dalam bekerja dibidang tersebut memiliki peluang yang sangat besar. Karena, bahasa Java memiliki banyak kelebihan dan digunakan oleh sebagian perusahaan yang ada di Indonesia.

Belajar bahasa Java memang tidak semudah seperti membalikan telapak tangan, namun jika Anda tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman Java, Anda perlu memperhatikan beberapa cara belajar cepat bahasa pemrograman Java berikut ini sebelum mempelajarinya.

1. Belajar dari dasar

bahasa java

Image Source : badoystudio.com

Untuk menjadi seorang programmer yang andal,  Anda harus memiliki dasar yang kuat dalam bahasa pemrograman yang digelutinya seperti Java, akan menjadi suatu hal yang fundamental.

Memang akan lebih mengasyikan jika kita mengikuti tutorial, terus hanya copy paste kode dari orang lain, dan menjadi suatu aplikasi. Tetapi Anda tidak akan mengerti sepenuhnya mengenai pemrograman bahasa Java. Belajarlah dari dasar, karena dengan fondasi yang kuat bangunan pun akan menjadi kuat.

2. Fokus dan komitmen dalam belajar

Fokus di sini adalah, tidak berpindah-pindah materi. Jika anda belum memahami suatu materi, maka cobalah fokus untuk memahami terlebih dahulu materi tersebut, baru kemudian melanjutkan ke tahap berikutnya. 

Selanjutnya adalah komitmen. Salah seorang motivator terkenal juga menyatakan bahwa untuk mencapai sesuatu, harus memiliki komitmen. Mempelajari sedikit demi sedikit sampai memahami dasarnya, setiap hari, akan lebih efektif, dibandingkan dengan langsung belajar berjam-jam dalam satu hari. Jadi cobalah luangkan waktu anda misalnya satu jam atau dua jam setiap hari untuk mempelajari pemrograman yang anda sukai. Jangan jadikan hal ini sebagai suatu beban, jadikanlah hal ini sebagai aktivitas yang menyenangkan.

Baca juga artikel lainnya : Pengertian dan Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman Java

3. Menyusun materi yang akan dipelajari

bahasa java

Image Source : 2.bp.blogspot.com

Akan sangat membantu sekali apabila Anda memiliki rencana atau target untuk mempelajari materi tertentu. Sehingga dengan demikian tidak ada materi yang terlewatkan.Dengan demikian, anda pun menjadi mengetahui, di mana kelemahan pemahaman anda mengenai materi tersebut.

4. Belajar melalui buku pemrograman Java

Jika Anda termasuk orang yang mudah mengingat, maka gunakanlah cara ini sebagai salah satu belajar bahasa pemrograman java dengan cepat. Carilah beberapa buku dengan penulis yang berbeda-beda. Selain itu dengan seringnya membaca dan mempraktekkannya maka Anda akan lebih mudah dalam memahami alur dari programming Java tersebut.

5. Belajar dengan melihat video tutorial pemrograman Java

bahasa java

Image Source : umardanny.com

Gunakanlah cara ini Jika Anda lebih senang dan mudah memahaminya secara visual. Dengan berbagai materi bahasa pemrograman java yang disajikan dalam bentuk video, Anda juga dapat memahami alur didalamnya.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

6. Pelajarilah Koding dan mempraktekannya

Mempelajari sesuatu akan mudah dipahami dan berhasil bila kita mempraktekannya, istilahnya dikenal dengan learning by doing. Jadi tidak hanya sebatas teori, oleh karena itu, Anda mau tidak mau harus menulis kode-kode bahasa pemrograman tersebut, menjalankan program, dan memperbaiki error yang terjadi.

7. Mengetahui IDE yang dipakai

Image Source : jetbrains.com

IDE (Integrated Development Environment) merupakan program computer yang memiliki berbagai fasilitas untuk membangun perangkat lunak. IDE ini dibuat untuk menyediakan utilitas yang dibutuhkan untuk membuat perangkat lunak. Sekarang banyak IDE yang dapat membantu mempercepat penulisan kode, membantu ketepatan penulisan kode, dan menunjukan bagian-bagian yang jelas mengandung kesalahan atau keraguan. Anda bisa memakai beberapa IDE untuk membangin aplikasi menggunakan bahasa pemrograman java seperti NetBeans, Eclipse, IntelliJ IDEA, dan Android Studio.

Baca juga artikel lainnya : Python vs Java di 2019, Ini Perbandingan, Fitur dan Aplikasi


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah 7 cara dalam mempelajari bahasa pemrograman Java, meskipun belajar Java memang pasti cukup sulit bagi yang baru mempelajarinya, namun jika Anda belajar dan berlatih dengan konsisten pasti akan bisa menguasai bahasa yang cukup dikenal oleh para Programmer ini.

Jika Anda seorang Programmer dan menguasai bahasa pemrograman Java, serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 34 times, 1 visits today)