UI dan UX adalah dua pekerjaan yang memiliki tanggung jawab yang berbeda, namun pada realitanya, banyaknya perusahaan yang menggabungkan pekerjaan ini dengan nama UI/UX Designer. Gaji UI UX Designer juga terbilang cukup besar.

UI memiliki kepanjangan yaitu User Interface. Sedangkan UX memiliki kepanjangan User Experience. UI designer pekerjaannya lebih mengarah kepada seni, visual design, layout atau tata letak, branding dan lain-lain. Tujuan dari UI designer ini adalah untuk mendesain segala sesuatunya agar terlihat menjadi seragam dari segi warna, font, gambar dan sebagainya. 

Intinya orang-orang yang bekerja sebagai UI designer ini selalu memiliki kreativitas di dalamnya. Mereka harus membuat suatu tampilan aplikasi, tampilan website dan sebagainya agar terlihat bagus dan mudah untuk digunakan.

Sedangkan untuk seorang UX Designer, mereka memiliki pekerjaan yang jauh lebih rumit dibandingkan UI designer. UX designer nantinya akan melibatkan banyak penelitian kepada para users atau pengguna. Penelitian tersebut nantinya akan digunakan untuk mengetahui bagaimana keperluan dan kebiasaan dari para pengguna. Tak hanya itu, para UX designer juga harus memikirkan bagaimana data-data yang telah ditemui dilapangan dapat diimplementasikan ke dalam sebuah interface.

Intinya bagi orang yang bekerja sebagai UI/UX designer ini akan memiliki tugas yaitu bagaimana membuat suatu tampilan aplikasi atau tampilan website agar terlihat eye catching dan mudah digunakan bagi para penggunanya.

Mereka juga tidak hanya akan memikirkan tentang tata letak agar terlihat aesthetic saja, melainkan mereka juga harus memikirkan tentang apa yang para penggunakan rasakan ketika mengoperasikan suatu aplikasi atau website tertentu.

Jadi ketika Anda menemukan lowongan UI/UX designer, berarti perusahaan tersebut mencari seseorang yang memiliki dua kemampuan yaitu dalam hal UI dan juga UX. Dan Anda pun tentu akan melakukan dua job description sebagai UI dan UX designer.

Berapa sih Gaji UI UX Designer?

Gaji untuk profesi UI/UX Designer di setiap perusahaan pastinya banyak yang berbeda. Kalau Anda me-apply di perusahaan yang bonafide, gaji seorang UI/UX Designer berkisar sekitar enam juta hingga 14 juta rupiah per bulan. Tapi, kalau Anda me-apply di perusahaan biasa, gaji seorang UI/UX berkisar sekitar 5 juta hingga 7 juta per bulan.

Baca juga artikel lainnya : Bedanya UX Designer Di Perusahaan IT Dengan Outsourcing


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami



TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 76 times, 1 visits today)