Resign – Sebelum menghadapi wawancara kerja sudah seharusnya kalau Anda untuk menyiapkan perkiraan jawaban atas pertanyaan yang akan diajukan nanti. Salah satu pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan adalah: Mengapa Anda resign dari pekerjaan terdahulu?

resign

Saat menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus memperhatikan bagaimana pewawancara merespon jawaban kamu. Hal tersebut penting karena jika pewawancara salah menanggapi jawaban yang kamu berikan bisa-bisa peluang mendapatkan karier yang lebih baik bisa hilang begitu saja.

Ada beberapa alasan mengapa kamu berhenti dari pekerjaan sebelumnya, diantaranya adalah:

  • Atasan tidak menyenangkan
  • Bosan dengan pekerjaanmu
  • Ingin gaji yang lebih tinggi
  • Ingin adanya tantangan lebih
  • Tidak ingin bekerja dalam bidang sebelumnya
  • Lain sebagainya

Nah, apapun masalah yang sedang Anda hadapi, sebaiknya jangan memberikan jawaban yang negative kepada si pewawancara. Jawablah dengan pernyataan yang dapat mengesankan pewawancara, namun tetap harus dengan jawaban yang jujur.

Berikan Jawaban Positif

resign

Komunikasi yang terjadi saat interview kerja haruslah merupakan komunikasi yang positif. Untuk memulai jawaban kamu, ceritakan bagaimana pengalaman yang telah diberikan perusahaan terdahulu dan pelajaran-pelajaran apa saja yang kamu ambil dari pekerjaanmu tersebut. Setelah itu baru kamu bisa menceritakan alasan sebenarnya mengapa memutuskan resign. Umumnya, pewawancara senang mendengar hal tersebut dan akan menganggap dirimu cukup profesional untuk menghargai perusahaan terdahulu walaupun pada akhirnya memutuskan untuk resign.  Kesampingkan dulu rasa emosi terhadap kehidupan kantor yang lama dan ingat jangan pernah menjelek-jelekkan rekan kantor lama ketika wawancara kerja.

Jangan Berikan Informasi Terlalu Detail

resign

 

Pastinya ada beberapa alasan kamu memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan sebelumnya. Namun, sebaiknya kamu tidak menceritakan kepada wawancara alasan untuk berhenti adalah karena kamu tidak bisa mendapatkan beberapa hal dari kantor sebelumnya. Ini dikarenakan pewawancara bisa saja menganggap bahwa kamu bisa memutuskan resign dari kantor mereka karena alasan yang sama.

Dari pada kamu mengatakan “Saya tidak menemukan tantangan lagi di kantor yang lama,” ubah jawaban menjadi “Saya mencari tantangan baru di bidang perbankan yang bisa saya dapatkan di perusahaan Bapak,” lalu kamu bisa melanjutkan pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki untuk menunjang lowongan pekerjaan tersebut. Mengubah jawaban seperti tersebut memperkecil kemungkinan pewawancara menanggapi jawabanmu secara negatif.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Fokus ke Masa Depan

Ketika menjawab pertanyaan mengapa berhenti dari kantor lama, kamu bisa menjawab dengan rencanamu di masa depan. Jelaskan mengenai hal-hal apa saja yang ingin kamu pelajari dan dapatkan agar bisa berkarier lebih profesional lagi. Dengan menjawab hal tersebut artinya kamu telah menginformasikan kepada pewawancara bahwa kamu merupakan seseorang yang ingin selalu belajar dan bahwa kamu juga merupakan seseorang yang berdedikasi kepada perusahaan.

Ketika wawancara kerja berlangsung, pewawancara pasti akan menanyakan mengapa kamu memutuskan untuk berhenti dari perusahaan terdahulu. Dengan menjawab pertanyaan tersebut secara positif dan percaya diri maka kesempatan mendapatkan karier yang lebih baik akan segera terwujud. Tetap semangat ya !


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 331 times, 1 visits today)