Dalam dunia pemrograman, terdapat banyak pemrograman yang bisa Anda pelajari. Salah satunya adalah bahasa pemrograman Java. Java juga saat ini menjadi bahasa pemrograman yang telah banyak digunakan oleh para Programmer.  Jika Anda tertarik kepada Java dan ingin mempelajari bahasa pemrograman Java ini. Anda perlu mengetahui fungsi dari bahasa pemrograman Java terlebih dahulu.

Java sendiri merupakan bahasa pemrograman web yang paling populer dan juga orientasinya pada objek. Selain itu, Java ini mampu berjalan di berbagai jenis sistem operasi komputer yang beredar saat ini seperti Windows, Linux, IOS, dan lain-lain. Hal itu dikarenakan perkembangan Java memang tidak dikhususkan untuk satu sistem operasi saja. Java juga dikembangkan secara open source yang artinya dapat dikembangkan oleh siapa saja dan juga dapat dikembangkan dalam sistem operasi manapun.

Berikut fungsi Java dalam pembuatan suatu aplikasi

1. Bahasa yang digunakan Java sangat sederhana

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lainnya, bahasa pemrograman pada Java bisa dibilang lebih sederhana. Hal itu dikarenakan Java menggunakan sintaks yang bisa dibilang mirip dengan C++. Akan tetapi, sintaks yang ada pada bahasa Java lebih 

fungsi java

Image Source : allofbzbz.blog

banyak yang diperbaiki. Khususnya pada penggunaan pointer yang lebih rumit serta bagian multiple inheritance. Selain itu, bahasa Java juga menggunakan fitur automatic memory allocation serta memory garbage collecion untuk lebih mempermudah dalam proses pengerjaan.

2. Dapat di pakai pada sistem operasi manapun

Seperti yang sudah dijelaskan di atas  jika bahasa Java dapat berjalan pada komputer yang menggunakan sistem operasi apapun. Hal ini bisa dilakukan karena Bahasa Java termasuk Platform yang Independence. Selain itu, Variabel yang dimiliki oleh bahasa Java juga mempunyai ukuran yang sama dalam semua platform. Oleh sebab itu, variabel yang bertipe integer berukuran sama. Ketika dibuat sebuah file, maka file tersebut bisa dijalankan pada perangkat manapun.

Baca juga artikel lainnya : Pengertian dan Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman Java

3. Hanya fokus pada Objek

fungsi java

Image Source : 4.bp.blogspot

Bahasa pemrograman Java juga hanya fokus pada Objek saja, sehingga ampuh dalam mengorganisasi serta pengembangan perangkat lunak. Dengan fokus pada objek, program komputer dapat saling berkomunikasi dalam satu kelompok objek. Bahasa Java termasuk ke dalam contoh pemrograman berorientasi objek.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Pengamanan yang cukup ketat

Terdapat tiga lapis pada pengaman Java. Tentu saja pengamanan ini dilakukan agar dapat melindungi sistem dari penyalahgunaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tiga lapisan keamanan itu antara lain sebagai berikut.

  • Bytecode Verifier – Pengamanan ini dapat membaca bytecode sebelum akhirnya dijalankan sehingga menjamin bytcode dapat memenuhi aturan-aturan dasar pada bahasa Java.
  • Class Louder – Class Louder ini menangani permulaan kelas Java ke dalam runtime interpreter.
  • Management keamanan dalam menangani keamanan tingkat aplikasi dengan cara mengendalikannnya sehingga apakah program tersebut diperbolehkan mengakses sumber daya yang lain seperti port jaringan, sistem file, sistem window dan juga sistem filenya.

5. Menggunakan sistem exception-handling

fungsi java

Image Source : allofbzbz

Java juga memiliki mekanisme exception -handling yang dapat diandalkan. Exception-handling ini juga telah menyediakan cara untuk memisahkan antara bagian penanganan kesalahan dan bagian kode normal. Dengan begitu kode tersebut di tuntun ke struktur kode program yang jauh lebih bersih. Apabila kesalahan ditemukan, maka Java akan membuat exception. Exception ini dapat ditangkap serta dikelola oleh program tanpa memberikan dampak yang lebih buruk.

Baca juga artikel lainnya : Python vs Java di 2019, Ini Perbandingan, Fitur dan Aplikasi

6. Mendukung Native method

Java juga mendukung native method atau sebuah fungsi yang ditulis di bahasa lain, khususnya C atau C++. Dengan adanya dukungan secara native method ini dapat memungkinkan programer menulis berbagai fungsi yang bisa dilakukan dengan cepat jika dibandingkan fungsi yang lain.

7. Adanya Fitur GUI

Image Source : ntu.edu

GUI atau singkatan dari Grafical User Interface adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam Java. Elemen dasar yang terdapat pada Java yang membuat terciptanya tampilan berbasis grafis ada dua macam yakni AWT dan juga Swing. AWT adalah singkatan dari Abstract Windowing Toolkit yang merupakan sebuah pustaka windowing yang memiliki tujuan secara umum dan juga multiplatform.

Sementara Swing sendiri adalah perbaikan dari kelemahan yang dimiliki AWT. Cukup banyak kelas Swing menyediakan komponen alternatif terhadap AWT. Misalnya kelas Jbutton swing dapat menyediakan fungsi yang lebih banyak dibandingkan kelas button.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah fungsi dari bahasa pemrograman Java, dan dilihat dari fungsinya Java menjadi salah satu bahasa yang paling digunakan saat ini serta banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk Programmer Java. 

Jika Anda seorang Programmer dan menguasai bahasa pemrograman Java, serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 64 times, 1 visits today)