Website Lambat – Kecepatan website sendiri sering menjadi kendala, baik bagi pengunjung maupun pemilik website. Tidak ada satupun pengunjung menginginkan berlama-lama ketika membuka halaman suatu website.

  • Bagi pengunjung biasanya menjadi malas ketika mengunjungi website yang berisi konten yang mereka butuhkan, akan tetapi membutuhkan waktu cukup lama untuk mengaksesnya.
  • Bagi pemilik website tentu saja merupakan kerugian, karena website yang sangat lambat diakses akan kehilangan banyak kunjungan dan potensi pembelian jika web tersebut digunakan untuk berjualan.

Penyebab Loading Website Lambat

website lambat

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab website lambat ketika di akses, bisa itu dari websitenya sendiri, dari performa server website hingga koneksi internet dari pengunjung. Pada koneksi internet pengunjung adalah penyebab yang bersifat subjektif, artinya itu bukan kesalahan anda sebagai pemilik website. Namun jika permasalahannya ada pada website dan servernya, maka hal ini bisa anda perbaiki, atau setidaknya anda kendalikan.

Media Gambar (Images) Yang Tidak Dioptimasi

website lambat

Gambar adalah unsur penting dari konten setiap halaman keseluruhan website. Tanpa adanya gambar visual, sebaik apapun konten yang anda miliki akan terlihat kaku dan tidak menarik. Terlebih jika website anda berbentuk toko online, gambar tentunya mewakili produk fisik yang anda jual. Pengunjung website anda akan susah membayangkan produk anda jika hanya berbentuk sebuah tulisan.

Katakanlah Anda memasang gambar terbaik sebagai pendukung konten yang anda miliki, akankah berpengaruh positif atau negatif? Tentu saja Anda berharap banyak pada media gambar. Namun yang menjadi masalah adalah kebanyakan gambar yang terpasang di website malah berdampak buruk (negatif) pada kecepatan loading website.

Penyebabnya ? Ukuran gambar yang besar, bahkan melebihi ukuran 1MB dimana keseluruhan halaman website keseluruhan yang baik seharusnya berukuran demikian (1mb). Jika satu saja gambar berukuran 1MB, bagaimana jika pada konten tersebut terpasang 40 gambar? Bisa dibayangkan jika dibuka menggunakan perangkat mobile (handphone).

Format gambar jpg adalah yang terbaik dari segi ukuran jika dibandingkan bmp, gif, png dll. Oleh karena itu usahakan setiap gambar berformat jpg. Selain jpg, format png merupakan format gambar yang banyak digunakan karena memiliki kelebihan background yang transparan. Format png umumnya lebih besar ukurannya dari jpg.

Tidak Adanya Sistem Cache

website lambat

Sistem cache sendiri adalah membuat konten dinamis pada website menjadi statis, dengan demikian pengunjung website akan diberikan konten statis oleh server sehingga tentu saja berdampak pada kecepatan “loading speed” dari website itu sendiri.

Tanpa Sistem Cache

website lambat

Tanpa menggunakan sistem cache pada website (wordpress) setidaknya proses permintaan data dari pengunjung / user hingga seleai harus melalui 4 tahap seperti ditunjukan pada gambar diatas.

Menggunakan Sistem Cache

website lambat

Jika anda menggunakan sistem cache berarti membuat konten dinamis menjadi status (html), yang artinya permintaan user tidak lagi membutuhkan proses permintaan php dan mysql (database). Dengan demikian anda pastinya setuju bahwa permintaan menggunakan sistem caching memangkas proses pengiriman data.

Kekuatan Server (Server Power)

Banyak pemilik website yang mengeluhkan mengenai performa kecepatan websitenya yang sangat lambat. Beberapa diantara mereka membandingkan dengan web lainnya (pesaing) yang jauh lebih baik. Pada kenyataannya mereka menyewa server dengan kualitas yang tidak bisa dikatakan mendukung performa website mereka. Sekeras apapun berusaha meningkatkan kinerja website jika tidak diimbangi dengan kinerja server yang mumpuni hal ini akan sia-sia.

Terlalu Banyak Plugin dan Tema Website yang Berat

Plugin berfungsi memperlengkap fungsi dari website yang anda miliki. Sebenarnya semakin lengkap plugin seharusnya berdampak baik pada fitur, kemudahan dan kemampuan website itu sendiri. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah kekuatan server yang anda miliki, berapa banyak mampu menampung plugin? Sama halnya dengan plugin, tema website pun demikian. Sebenarnya tema yang memiliki banyak efek visual sangat enak untuk dipandang dan tidak membosankan, sekali lagi, apakah server anda bisa menampungnya?

Faktor Penyebab Lainnya

Terdapat banyak faktor lainnya yang menyebabkan loading website terasa lambat. Diantaranya adalah server tanpa http compression, image css yang tidak dikombinasikan, images tanpa tanpa informasi caching, Video, musik, tidak ada penyesuaian pada perangkat mobile dan lain sebagainya. Setiap faktor tersebut harus anda optimalkan sehingga kecepatan website akan sesuai dengan yang seharusnya.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 26 times, 1 visits today)