Merebaknya website dan aplikasi saat ini tidak lepas dari kerja keras dari seorang IT developer. Tidak mengherankan bahwa lowongan kerja IT developer termasuk yang banyak dicari oleh fresh graduate atau bahkan yang sudah berpengalaman.

Secara umum, developer merupakan usaha untuk membuat produk baru, misalnya komputer atau software. Tidak hanya itu. Developer juga lihai membuat beragam aplikasi, seperti game online dan website.

Pengertian, tugas dan jenjang karir developer software

Salah satu lowongan IT developer  adalah untuk mengisi sebagai developer software. Developer software adalah orang yang bertugas merancang dan membuat sebuah software. Ada yang menganggap developer sama dengan programmer alias satu orang yang mengerjakan tugas-tugas di dalamnya.

Akan tetapi, developer software mempunyai posisi lebih tinggi dari seorang programmer. Ini disebabkan seorang developer software mempunyai kemampuan teknis dan pengalaman yang lebih baik dan lebih lama dari seorang programmer. Tidak hanya menguasai bahasa pemrograman, seorang developer software sudah terampil dalam membangun sebuah sistem.

Tugas seorang developer software cukup rumit dan banyak. Ia harus tangkas dalam merancang coding secara efisien, mendesain website dengan coding standar HTML, memikirkan tampilan bersama desainer website dan programmer. Tidak berhenti di situ. Ia harus mengunggah update dan memelihara sebuah website agar tetap bisa berjalan secara baik dan mulus.

Dari segi sistem kerja, developer merancang cara kerja yang lebih terstruktur dan lebih disiplin dari programmer. Ia pun dituntut untuk sanggup menyelesaikan beragam masalah dalam dunia IT, seperti memberikan solusi saat website terjadi masalah.

Seorang developer software merupakan pemimpin sebuah tim. Ia harus menjadi penengah yang baik untuk bawahannya dan klien. Ia sendiri haruslah seorang individual yang dapat bekerja tanpa membutuhkan pengawasan yang besar. Developer software mempunyai kemampuan melihat ke rincian tugas atau dengan kata lain bisa mengidentifikasi hal-hal kecil yang menjadi kekurangan atau masalah, seperti perihal coding. Penyelesaiannya membutuhkan kemahiran berpikir logis dan ketahanan untuk menangani suatu proyek dalam jangka waktu yang relatif lama.

Jenjang karir developer software sangatlah menarik dengan prospek yang begitu gemilang di masa depan. Anda bisa menjadi senior software developer yang membuka pada dua pilihan yang sama-sama menggiurkan; software architect atau engineering manager. Perlu dicatat bahwa dua pilihan tersebut sayangnya masih belum banyak ditawarkan oleh perusahaan IT di Indonesia.

Sedangkan jika berada pada posisi engineering manager atau software architect, Anda bisa merangkak ke posisi yang lebih tinggi, yakni director atau bahkan project manager. Nama posisi tersebut dapat berbeda tergantung perusahaan tempat Anda bekerja.

Mengingat posisinya yang sangat krusial dan kompleks, developer software biasanya ditawarkan ke kandidat dengan pengalaman kerja minimal dua tahun hingga tiga tahun dalam dunia IT. Latar belakang pendidikan umumnya Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Software Engineering, atau Matematika.

Jika merasa sudah mempunyai kompetensi di atas, Anda bisa segera mencari informasi lowongan kerja IT developer software, seperti yang bisa ditemukan di TOGI. Tetapi jika belum, jangan khawatir. Beberapa perusahaan tetap menawarkan lowongan kerja IT developer software bagi yang lulus dari jurusan Teknik Elektro.

Developer Vs Programmer

Selain perbedaan developer software dengan programmer, berikut kami mengulas perbedaan developer dengan programmer.

Seorang developer menguasai banyak hal tentang IT, termasuk bahasa pemrograman. Sedangkan programmer lebih fokus pada bahasa pemrograman yang akan digunakan untuk membuat beragai jenis aplikasi dan website. Inti pekerjaan seorang programmer adalah memberikan masukan bahasa pemrograman yang akan mengubah desain website menjadi satu rangkaian perintah agar kemudian diproses komputer menjadi tampilan yang diinginkan.

Berikut secara garis besar tugas seorang developer:

  1. Membuat dan mengetes program komputer dalam beberapa komputer atau aplikasi sistem operasi.
  2. Membantu membuat sistem informasi baru yang berbasis website.
  3. Merancang dan membangun sistem komputer otomatis.
  4. Menganalisa dan mengevaluasi sebuah program agar lebih baik di masa depan.
  5. Menguji dan memodifikasi coding demi mutu kerja program yang baik.
  6. Menyusun dan menyajikan diagram teknis untuk membantu kerja coding.
  7. Memadukan fungsi baru dengan aplikasi yang sudah ada.

Sebelum melamar ke salah satu lowongan IT developer, pastikan Anda memang sudah menguasai instruksi tertulis, terbiasa memecahkan beragam masalah, sanggup berpikir kritis, mampu memahami kebutuhan klien dan atasan, serta memberi perhatian pada detail secara optimal.

Perbedaan Developer Software dengan Software Engineer

Salah satu jenis lowongan kerja IT developer yang ramai diincar adalah posisi software engineer. Agak mirip dengan developer software, berikut rincian pekerjaan seorang software engineer:

  1. Berkomunikasi langsung dengan klien dalam mengerjakan sebuah software.
  2. Mendesain, mengetes dan membuat sistem atau aplikasi menurut kebutuhan klien.
  3. Membuat coding untuk sistem atau aplikasi melalui diagram atau model bersama dengan developer software.
  4. Mempersiapkan dokumentasi terhadap sistem atau aplikasi sebagai bagian dari laporan pertanggungjawaban saat proses pemeliharaan.
  5. Memelihara software secara terus-menerus dan memperbaiki software jika terkena kendala.
  6. Bekerjasama dengan developer software dan software engineer.

Secara singkat, software engineer dan developer software melakukan tugas yang sama tetapi berbeda dalam hal tanggung jawab. Software engineer merupakan pintu diawalinya suatu proyek. Ia yang terlebih dahulu menerima proyek tertentu kemudian meneruskannya ke seorang developer. Dengan atau tanpa bantuan programmer, developer wajib menyelesaikan tugas tersebut. Sedangkan software engineer akan tetap memantau pelaksanaan dan memberikan masukan ke developer demi mencapai hasil yang optimal.

Apabila Anda sedang mencari lowongan kerja IT developer terlengkap dan terpercaya, silahkan membuka website TOGI. Saat ini, ada banyak lowongan kerja IT developer yang bisa dibaca secara lengkap sendiri nanti. Adapun yang bisa dilamar saat ini adalah Angular developer, mobile developer, Golang developer, PHP developer, dan front end developer. Ada yang akan ditempatkan di Jakarta dan Malang tergantung domisili Anda saat ini.

Baca juga: Tips memilih Konsultan IT Developer Biar Nggak Merugi

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan IT Solution Terbaik di Indonesia

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT yang dibutuhkan oleh semua perusahaan supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan layanan IT solution terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman.

Bagi Anda para Job Seeker, kami siap membantu Anda dalam menemukan pekerjaan impian sebagai seorang Programmer. Sedangkan bagi Anda bisnis owner, kami memiliki talenta-talenta terbaik di bidang IT, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti : IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)