Sulit rasanya bagi bisnis saat ini untuk bertahan dan menjadi yang terdepan tanpa membuat aplikasi, software atau website. Di balik terciptanya platform tersebut, peran konsultan IT developer menjadi penting sebab menyediakan IT developer yang paling tepat.

Seorang IT developer memegang keberhasilan dan kinerja software, website dan aplikasi. Ia mempunyai cakupan tugas yang cukup lengkap, mulai dari menganalisa kebutuhan pengguna, merancang hingga mengetes setiap produk IT yang dikembangkan.

Apa Saja Ruang Lingkup Kerja Konsultan IT Developer?

Mengingat banyak dan kompleksnya tugas di atas, banyak perusahaan konsultan it yang mulai meliri jasa konsultan IT developer. Tidak cukup mengandalkan menyortir CV, perusahaan harus mengetahui rekam jejak dan pengalaman kerja calon IT developer secara seksama.

Inilah yang menjadi tugas pokok konsultan IT developer. Pertama-tama, mereka akan menghubungi klien untuk mengetahui secara lengkap tujuan mencari IT developer. Pada tahap ini, sektor bisnis menjadi bahan pertimbangan utama dalam menyaring kandidatnya.

Katakanlah, klien atau pengguna merupakan perusahaan yang bergerak di sektor perbankan. Maka, konsultan tersebut akan mengerucutkan pilihan kandidat pada mereka yang telah berpengalaman baik bekerja atau magang di institusi perbankan atau yang terkait.

Kedua, mencocokkan keahlian teknis kandidat dengan kebutuhan pengguna. Perlu diketahui terlebih dahulu, posisi IT developer secara spesifik yang sedang dibutuhkan, apakah front-end, back-end, atau full-stack developer.

Apabila front-end, keahlian teknis yang difokuskan mencakup bahasa pemrograman CSS, HTML, dan JavaScript. Saran teknis ini akan membantu perusahaan dalam memilih mana yang paling pas. Rekomendasi lain yang tidak kalah penting adalah dari hal kemampuan soft skill, seperti kepemimpinan, pengelolaan waktu, hingga kerjasama tim.

Begitu beragam saran yang harus diberikan konsultan IT developer. Ini masih mencakup rekomendasi bagaimana IT developer yang sudah ada dan yang sedang dicari bisa membantu keberlangsungan bisnis klien yang bersangkutan.

Pedoman Kerja Konsultan IT Developer

Dalam bekerja, konsultan IT developer mempunyai pedoman atau prinsip dalam bekerja sehari-hari. Ia akan rutin bertemu dengan klien untuk membahas topik yang bisa saja berbeda setiap pertemuannya. Beberapa contoh tema yang akan dibahas adalahh fitur bisnis klien dan evaluasi sistem IT yang sudah berjalan.

Jumlah kebutuhan IT developer hingga kekurangan yang bisa diisi oleh IT developer yang baru bisa dipetakan dari pertemuan tersebut. Tidak jarang, mereka akan memberikan saran anggaran untuk menyusun tim IT developer yang mumpuni. Dengan demikian, seorang konsultan IT developer haruslah memahami secara menyeluruh tentang dunia IT programming agar saran lebih tepat sasaran.

Layaknya konsultan pada umumnya, seorang konsultan IT developer berfokus pada pemahaman harapan klien dan organisasi mereka. Mereka akan memberikan rekomendasi dan saran yang selalu dikonsultasikan dengan klien terlebih dahulu. Meski memberikan saran yang terbaik, keputusan akhir haruslah berada di tangan klien.

Terdapat tiga hal yang menjadi fokus rekomendasi ke klien. Seperti yang sudah disinggung di atas, hal tersebut adalah mengenai bisnis klien, IT developer yang sudah ada dan yang dibutuhkan serta yang terakhir, fokus pada penyelesaian masalah. Konsultan yang profesional akan tetap menyediakan solusi meski klien sudah mendapatkan IT developer yang dibutuhkan.

Manfaat Menyewa Jasa Konsultan IT Developer

Dari penjelasan di atas, manfaat jasa konsultan IT developer paling terasa di dua area. Yang pertama, mendapat dukungan tenaga IT developer yang selain kompeten melainkan juga sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Berikutnya, klien akan mendapatkan rekomendasi secara menyeluruh terkait strategi pemanfaatan tenaga IT developer dan sumber daya IT yang ada untuk mencapai target bisnis. Dengan dua manfaat besar tersebut, pengelolaan bisnis perusahaan menjadi lebih optimal.

Pemberian rekomendasi yang memang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan menjadikan solusi terkait IT secara umum lebih spesifik dan efektif.

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan IT Solution Terbaik di Indonesia

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT yang dibutuhkan oleh semua perusahaan supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan layanan IT solution terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman.

Bagi Anda para Job Seeker, kami siap membantu Anda dalam menemukan pekerjaan impian sebagai seorang Programmer. Sedangkan bagi Anda bisnis owner, kami memiliki talenta-talenta terbaik di bidang IT, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti : IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)