Cloud computing atau komputasi awan menjadi bagian penting dalam proses transformasi digital perusahaan Indonesia. Khususnya di masa pandemi Covid-19 ini, banyak perusahaan beralih menggunakan cloud untuk dapat beradaptasi di situasi ini.

Dengan kemunculan cloud computing, profesi cloud engineer pun semakin diminati. Banyak perusahaan yang mencari seorang ahli cloud seperti cloud engineerCloud engineer sendiri merupakan profesional IT yang bertanggung jawab dalam membangun aplikasi menggunakan  infrastruktur cloud, sekaligus layanan dan tools yang tersedia di cloud.  

Jika Anda tertarik berkecimpung dalam dunia cloud engineer, berikut tipsnya :

Tips Menjadi Cloud Engineer Andal

  • Mempelajari Data dan Jaringan

Pelajari bagaimana cara menyimpan data, dan memiliki akses ke sana. Pelajari juga apa itu jaringan dan konsep jaringan.

  • Mempelajari Bahasa Pemrograman

Anda perlu mempelajari setidaknya satu bahasa pemrograman pada tingkat dasar, seperti Python, C++, Ruby, Java, dan Go. Mempelajari logika dasar pemrograman akan memudahkan Anda dalam mempelajari bahasa pemrograman lain di masa depan.

  • Memahami Cloud Computing

Memahami cloud computing melibatkan penggunaan sistem operasi dan mesin virtual. Menjadi cloud software engineer mengharuskan Anda menggunakan mesin virtual. Selain itu, Anda juga harus memahami konsep kerja sistem operasi dimana cloud publik bekerja.

  • Sertifikasi Cloud Computing

Amazon Web Services (AWS) merupakan perusahaan yang menyediakan infrastruktur cloud. AWS memiliki ujian sertifikasi cloud yang bisa diikuti oleh cloud engineer pemula. Sertifikasi sangat berguna untuk memastikan keahlian seorang cloud engineer yang telah didapatkan selama menjalani berbagai pembelajaran, pelatihan, dan pengalaman kerja di tempat pelatihan. Selain itu, sertifikasi berguna sebagai jaminan Anda telah mendapatkan kompetensi tertentu.

  • Pemecahan Masalah

Cloud Server menyimpan data yang perlu dilindungi dari segala serangan atau ancaman di internet. Anda harus bisa menghadapi ancaman tersebut dan memberikan solusi dari segala permasalahan yang terjadi di cloud server.

  • Mengasah Kemampuan

Seorang cloud engineer andal harus bisa mengasah kemampuannya, sekaligus melatih keterampilan lain seperti keterampilan jaringan, layanan cloud, API, keamanan, pemulihan, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga Kenali Apa itu Deep Web Secara Lengkap Sebelum Anda Mengaksesnya

(Visited 43 times, 1 visits today)