Pengaruh Besar Human Resource Management Terhadap Perusahaan

Halo pembaca setia TOG Indonesia, Perusahaan adalah sebuah organisasi yang beranggotakan banyak orang dengan satu tujuan yang sama. Tujuan perusahaan tersebut hanya bisa dicapai jika semua anggota perusahaan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. Untuk itu human resource management atau manajemen sumber daya manusia sangat dibutuhkan . Pengelolaan sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan sangat penting demi tercapainya tujuan perusahaan. Manajemen sumber daya manusia yang baik berfungsi untuk memilih orang – orang yang berkompeten untuk menjadi anggota perusahaan serta memastikan bahwa semua anggota perusahaan telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Info Loker

human management resource

Definisi dari Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) menurut para ahli:

  • Manajemen sumber daya manusia (human resources management) adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa, dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok pekerja (Henry Simamora, 1999:3).
  • Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi (Mangkunegara, 2002:2)
  • Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat (Hasibuan, 2002:10)
  • Manajemen sumber daya manusia didefinisikan sebagai suatu strategi dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu planning, organizing, leading and controlling, dalam setiap aktifitas atau fungsi operasional sumber daya manusia mulai dari proses penarikan, seleksi, pelatihan dan pengembangan, penempatan yang meliputi promosi, demosi dan transfer, penilaian kinerja, pemberian kompensasi, hubungan industrial, hingga pemutusan hubungan kerja, yang ditujukan bagi peningkatan kontribusi produktif dari sumberdaya manusia organisasi terhadap pencapaian tujuan organisasi secara lebih efektif dan efisien (Sofyandi, 2009:6)
Jadi kesimpulannya, manajemen sumber daya manusia merupakan manajemen yang menitikberatkan perhatiannya kepada faktor produksi manusia dengan segala kegiatannya untuk mencapai tujuan perusahaan. Sumber daya manusia merupakan investasi yang memegang peranan penting bagi perusahaan. Tanpa adanya sumber daya manusia, faktor produksi lain tidak dapat dijalankan dengan maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan.
human management resource

Fungsi-fungsi dari Human Resource Management diantaranya:

  • Fungsi pertama dalam manajemen sumber daya manusia adalah seleksi dan rekrutmen karyawan. Sebuah perusahaan tentunya membutuhkan karyawan untuk menjalankan roda organisasinya. Namun tidak sembarang orang bisa masuk dan diterima menjadi bagian dari perusahaan. Tentunya ada kriteria – kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh seseorang jika ingin masuk menjadi bagian dari perusahaan. Tugas seorang staff pengelola sumber daya manusia adalah menemukan, menyeleksi, dan merekrut calon karyawan potensial yang nantinya akan bisa memenuhi kebutuhan perusahaan.
  • Setelah dilakukan seleksi dan perekrutan, maka karyawan sebagai sumber daya manusia sebuah perusahaan harus dijaga kualitas serta kinerjanya dengan cara training. Training dalam pengelolaan sumber daya manusia biasanya dilakukan pada saat seorang karyawan baru saja diterima masuk ke perusahaan serta training lanjutan yang dilakukan secara bertahap dalam waktu – waktu tertentu.
  • Fungsi selanjutnya dari human resource management adalah sebagai penilai kinerja karyawan. Manajemen sumber daya manusia juga memiliki peranan penting untuk melakukan penilaian secara teratur terhadap kinerja karyawan. Evaluasi terhadap kinerja karyawan ini sangat penting sebagai pengawasan agar seluruh karyawan tetap menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.
  • Fungsi yang ke empat dari manajemen sumber daya manusia adalah membantu karyawan dalam pengelolaan dan perencanaan karier mereka. Pengelolaan karier ini meliputi perpindahan horizontal yaitu perpindahan satu karyawan dari sebuah divisi ke divisi lain serta perpindahan vertical yaitu kenaikan jenjang karier bagi karyawan dari jabatan rendah menuju ke jabatan yang lebih tinggi. Dalam sebuah perusahaan, perpindahan karyawan ini dilakukan dengan koordinasi antara pemimpin perusahaan dengan staff pengelola sumber daya manusia.
  • Tugas atau fungsi lain dari pengelola sumber daya manusia perusahaaan adalah mengatur segala macam administrasi yang berhubungan dengan karyawan. Jadi bagian sumber daya manusia di perusahaan memiliki tugas untuk mencatat dan menyimpan dokumen pribadi karyawan yang berupa informasi pribadi karyawan, slip gaji karyawan, pencatatan cuti, absensi, data pinjaman karyawan, dan lain sebagainya. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa fungsi dari sebuah human resource management sangatlah penting bagi perusahaan.

Dalam hal ini PT TOG HR Indonesia juga bisa memberikan training dan pelatihan sertifikasi tentang Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) agar bisa diterapkan atau memberikan pengaruh terhadap perusahaan Anda. Apabila rekan-rekan ada minat tentang ini bisa kunjungi website kita dan segera kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

Kita PT TOG HR Indonesia merupakan perusahaan IT outsource indonesia yang bergerak dalam kategori IT Professional Service, Managed Service dan Training & Development saat ini masih terus membuka peluang kerja bersama para rekan-rekan yang mau bekerja sama dengan kita, Dalam hal ini kita juga sudah banyak bekerja sama dengan para klien ternama seperti Adira Finance, ANTIKODE, Bank Indonesia, MNC Finance, CSUL Finance dan masih banyak lagi. Apabila ada rekan-rekan yang berminat bekerja sama dengan kita silahkan kirim CV Lengkap ke [email protected] dengan subject WEB_Name_Position_Nationality.

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

(Visited 43 times, 1 visits today)