Programmer website merupakan salah satu profesi yang sedang banyak diincar saat ini. Digitalisasi bisnis membuat pemilik usaha harus beralih ke dunia maya, termasuk website dan aplikasi, agar tetap bertahan. Di sinilah tantangan programmer website bermula.

Saat ini, banyak yang menawarkan jasa pemrograman. Untuk tetap menjadi yang terdepan, tantangan programmer website terus bertambah. Dinamika perkembangan website berikut bahasa pemrograman menjadi dua hal penting mengapa tantangan programmer website seolah tidak ada habisnya.

4 tantangan programmer website

1. Harus mengikuti perkembangan teknologi

Sektor pembuatan dan pengembangan website berkembang begitu dinamis. Sebagai contoh, bahasa pemrograman kini menjadi lebih banyak, berbeda dengan dulu yang cukup mempelajari HTML, Javascript, PHP, dan CSS. Bahkan untuk HTML saja, script HTML terus berkembang sehingga setiap programmer website mesti mempelajari perkembangan cara penulisan script bahasa ini. Menjadi programmer yang handal mewajibkan Anda mengikuti perubahan yang begitu cepat dan mempelajarinya.

2. Harus memenuhi ekspektasi klien

Sebagai seorang programmer website yang profesional, Anda harus sebisa mungkin memenuhi ekspektasi klien, bahkan untuk fitur yang sebelumnya belum pernah dibuat. Di sinilah pentingnya untuk terus belajar hal-hal baru agar siap ketika harus merealisasikannya ke dalam bentuk fitur yang baru.

Selain dari segi kemampuan teknis, terkadang keahlian negosiasi dan komunikasi dapat menjadi tantangan tersendiri apakah Anda bekerja secara mandiri atau merupakan bagian dari tim. Tidak jarang Anda harus menjelaskan hal teknis seputar website dan menegosiasi tenggat waktu pengerjaan suatu proyek.

3. Mengelola waktu

Pengelolaan waktu yang baik membant programmer website memenuhi tenggat waktu dari klien. Untuk mengelola waktu dengan tepat, buatlah skala prioritas berikut tenggat waktu pengerjaan per bagiannya. Selain penyelesaian, Anda harus siap dengan revisi sesuai kebutuhan atau kehendak klien. Perlu diingat, terkadang klien lah yang menentukan tenggat waktu sehingga tinggal bagaimana Anda bijak mengelola waktu dan cerdas dalam memanfaatkan waktu tersebut sehingga bisa memproduksi website yang sesuai ekspektasi klien.

4. Menyesuaikan anggaran pembuatan

Perlu diketahui bahwa tidak semua calon klien atau klien mengetahui seluk-beluk dunia pemrograman. Sehingga, terkadang mereka menyodorkan angka yang di bawah anggaran Anda sebagai seorang programmer. Untuk menyiasatinya, berilah pemahaman pekerjaan yang Anda harus tempuh, rerata tenggat waktunya beserta kisaran biaya yang memang berlaku di pasaran. Sebisa mungkin, berikan penjelasan secara gamblang memakai bahasa yang sopan sehingga calon klien atau klien tidak merasa tersinggung. Jika masih belum mencapai kesepakatan, cobalah berdiskusi untuk mencari anggaran yang menguntungkan kedua belah pihak.

Itulah setidaknya empat tantangan programmer website yang sebaiknya diketahui sedari dini sebelum Anda menekuni profesi ini lebih lanjut. Dari ke-4 tantangan tersebut, mana yang menurut Anda paling sulit?

Baca juga: 7 Jenis Pekerjaan Programmer dan Peluang Karirnya yang Menjanjikan

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan IT Solution Terbaik di Indonesia

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT yang dibutuhkan oleh semua perusahaan supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan layanan IT solution terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman.

Bagi Anda para Job Seeker, kami siap membantu Anda dalam menemukan pekerjaan impian sebagai seorang Programmer. Sedangkan bagi Anda bisnis owner, kami memiliki talenta-talenta terbaik di bidang IT, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti : IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)