Bahasa pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang memang sengaja didesain untuk pengembangan web. Selain itu, Bahasa PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum. PHP pertama kali di kembangkan oleh Rasmust Lerdorf pada tahun 1995, dan sekarang php dikembangkan oleh The PHP Group.

Pertama kali PHP dikenal dengan singkatan Personal Home Page. Karena server tersebut di peruntukan untuk website pribadi. Dan pada saat ini PHP sudah berubah menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan untuk website terkenal seperti Wikipedia, wordpress , joomla dll.

Untuk saat ini bahasa php dikenal dengan singkatan Hypertext Preprocessor sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri. Bahasa pemrograman php juga banyak digunakan karena sifatnya yang open source yaitu dapat digunakan secara gratis.

Fungsi dari bahasa pemrograman php sendiri adalah untuk web yang digunakan untuk dapat menyesuaikan tanpilan konten sesuai dengan situasi. Web dinamis digunakan untuk menyimpan data kedalam database yang nantinya akan memproses from dan bisa megubah tampilan website sesuai inputan dari user.

Prospek Kerja Bagi yang Menguasai Bahasa Pemrograman PHP

Bahasa Pemrograman PHP

Nantinya kalian bisa menjadi seorang PHP Developer, dan lowongan kerja PHP Developer akan selalu terbuka, karena kebutuhan akan website terus meningkat dari waktu ke waktu di semua lini bisnis.

Dahulu seorang web developer hanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan IT atau di bidang informatika saja. Namun pada saat ini hampir semua perusahaan membutuhkan seorang PHP Developer. Pasalnya, perusahaan tidak lagi mengandalkan promosi konvensional saja. Mereka juga tidak mau kalah oleh kompetitor pendatang baru yang biasanya menggunakan berbagai strategi marketing.

Kini perusahaan yang bergerak di berbagai bidang mulai menggunakan halaman web untuk mengenalkan produk dan jasa yang dimiliki oleh masing-masing instansi dan perusahaan terkait. Mulai dari yang bergerak di bidang pariwisata, penyedia hotel dan vila, media, ecommerce, dan lain sebagainya menggunakan halaman website sebagai sarana promosi utamanya.

Kebanyakan dari PHP Developer dipekerjakan oleh perusahaan khusus pengembangan perangkat lunak, TI, dan website, dengan pembagian kerja sebagai berikut:

BACK-END DEVELOPER

Backend Web Developer merupakan orang yang bertugas mengelola sisi dalam website seperti server, aplikasi dan database. Seorang backend developer bertugas melakukan perhitungan, penyimpanan data pengguna, pemrosesan form pendaftaran, dan lain sebagainya. Seorang Backend Developer juga harus menguasai beberapa bahasa pemrograman sekaligus, salah satunya PHP.

PHP sendiri dijadikan sebagai bahasa pemrograman backend yang digunakan hampir 82.3% website dengan teknologi backend. Back-end adalah semua yang berhubungan dengan server (misal pada situs atau cloud) dan database. Mereka adalah mesin yang bekerja di balik layar, semua yang tidak dilihat oleh pengguna akhir atau berinteraksi langsung, tetapi memberi kekuatan pada apa yang terjadi. Pada umumnya, orang-orang yang bekerja sebagai back-end developer akan dikenal sebagai pemecah masalah terbaik dan selalu menggunakan pikiran logis dalam menjalankan pekerjaannya. Mereka cenderung lebih tertarik pada fungsi dan sistem daripada tampilan yang akan muncul kepada konsumen.

FRONT-END DEVELOPER

Front-end, bisa disebut pemrograman “client-side”, adalah apa yang terjadi di browser, atau semua yang dapat dilihat dan berinteraksi dengan pengguna. Flow kerja dari back-end dimulai dari layout atau tampilan layar muka web yang dikembangkan oleh front end. Dari layout tersebut, mereka akan memilih sistem yang cocok atau sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh klien atau perusahaan. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila kerja keduanya tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Menurut Code Burst, ada beberapa tugas dasar yang harus dikerjakan oleh seorang back-end developer. Beberapa di antaranya adalah menulis kode pada back-end, menulis kode supaya sistem mampu berinteraksi dengan database, memastikan bahwa kode yang mereka tulis aman dari segala gangguan, hingga membuat agar web menjadi online.

Baca juga artikel lainnya : Mengenal Bahasa Pemrograman C++ yang Hasilkan Gaji Tinggi


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 24 times, 2 visits today)