Profesi Programmer semakin dibutuhkan saat ini karena akibat dari perkembangan dunia teknologi yang makin melesat, khususnya di Indonesia. Lowongan pekerjaan yang mencari seorang Programmer atau Developer mendominasi situs-situs Freelancer. Perusahaan-perusahaan teknologi kian bermunculan, akibatnya demand akan sumber daya Programmer pun meningkat. Fenomena ini memberikan peluang besar para Programmer Indonesia yang tengah mempersiapkan diri menjadi seorang Programmer Profesional.

Hal ini terlihat dari jumlah peminat jurusan teknik informatika di beberapa kampus teknik informatika di Indonesia yang tak pernah turun, bahkan cenderung naik. Nah oleh karena itu, melihat persaingan Programmer Indonesia cukup banyak, pembahasan berikut ini akan membantu Anda agar bisa diterima perusahaan besar.

Programmer Indonesia seperti apa yang seringkali kali dicari perusahaan?

  • Mau terus belajar, terutama dalam mempelajari hal-hal yang baru karena semakin banyak skill yang dia miliki maka semakin banyak dicari.
  • Loyal, tak sedikit Programmer yang hanya bekerja sebentar di satu perusahaan dengan tujuan mengejar gaji yang tinggi, tapi pengalaman yang dia miliki minim.
  • Harus memiliki sikap yang baik, tidak sedikit suatu perusahaan mempekerjakan seorang programmer dengan skill yang hebat tetapi tidak di dukung dengan sikap yang baik dan pada akhirnya perusahaan itu akan memutuskan untuk mengeliminasi sang programmer.
  • Seorang Programmer harus bisa berkomunikasi dengan baik tidak hanya dengan komputernya. Tak jarang di satu perusahaan bekerja dalam tim, kemungkinan buruk akan terjadi apabila tidak ada komunikasi yang baik antar anggota tim.
  • Tak hanya komunikasi dalam bahasa Indonesia saja, Programmer juga lebih baik didukung dalam bahasa inggris yang baik karena tidak sedikit perusahaan dari luar negeri mempekerjakan Programmer dari Indonesia.

Programmer di Indonesia terbilang cukup banyak tapi kenapa sering kesulitan dalam merekrut seorang Programmer?

Tahukah Anda lulusan IT hanya 30% yang memutuskan untuk menjadi Programmer. Programmer yang profesional tidaklah banyak, seperti yang telah dikatakan tadi bahwa seorang Programmer harus mau belajar hal-hal yang baru dan cuma mendalami 1 skill saja. Tak sedikit perusahaan dari luar negeri mempekerjakan Programmer dari Indonesia sehingga mereka lebih tertarik untuk bekerja di luar negeri daripada di Indonesia. Selain itu banyak pula Programmer yang akhirnya memutuskan untuk freelance atau bekerja dari rumah.

Apa yang harus Anda lakukan agar menjadi Programmer yang dicari oleh perusahaan?

Pertama adalah profil. Dalam membuat CV seorang Programmer harus bisa memiliki profil yang baik dan mampu mendeskripsikan dirinya. Yang kedua adalah technical details, seorang Programmer juga harus bisa menjelaskan keahlian yang dia miliki secara mendetail. Selanjutnya adalah memperlihatkan Project Details, perusahaan akan melihat dengan detail portofolio Anda, maka dari itu seorang programmer yang memiliki banyak portofolio dan menjelaskan project-project itu dengan detail akan dengan mudah menarik perhatian suatu perusahaan.

Hal yang harus dilakukan oleh Programmer selanjutny adalah meningkatkan pengalaman. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki seorang Programmer, semakin tinggi pula skill yang dia miliki. Kemudian yang tak kalah penting, sikap. Sebuah perusahaan nantinya akan lebih mempertimbangkan seorang Programmer dengan zskill minimal tapi berkelakuan baik. Terakhir adalah seorang Programmer yang hendak melamar pekerjaan pada suatu perusahaan harus memperlihatkan ketertarikannya pada perusahaan tersebut.

Baca juga artikel lainnya : Jenjang Karir Programmer yang Sangat Menjanjikan


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 55 times, 1 visits today)