Virtual Reality, telah dengan cepat menjadi topik yang bermanfaat di sebagian besar industri. Pasar VR (Virtual Reality) global mengantisipasi valuasi keseluruhan lebih dari $ 26 Miliar pada akhir 2022 menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Zion Market Research.

Lebih jauh lagi, perusahaan pengembangan Virtual terkemuka seperti Swag Soft Singapura yakin bahwa penggunaannya mencakup banyak spectrum di berbagai industri yang berbeda.

Menurut data terakhir, pengembangan virtual reality dapat diterapkan diberbagai bidang seperti game, marketing,  hiburan, pendidikan, mode pelatihan, seni, simulasi dan masih banyak lagi.

Sudah jelas bahwa teknologi ini akan menjadi lebih baik, meskipun pada tahun 2017 hampir lenyap, kami telah memutuskan untuk mengintip dari balik tirai dan menunjukkan beberapa tren teratas dalam pengembangan VR untuk diharapkan pada tahun 2018 .

1. Going Well Beyond Sound and Vision

Sampai saat ini, teknologi VR hanya di fokuskan pada dua indera yaitu, penglihatan dan suara. Namun, pengembangan yang dilakukan mendapatkan kemajuan yang besar dengan diciptakannya virtual reality yang tidak hanya melibatkan kedua indera tersebut. Pada tahun 2017 di Tokyo game Show, terdapat alat VR yakni VAQSO VR yang memungkinkan untuk melakukan penciuman aroma dengan ukurannya yang kecil. Ini diklaim sebagai “perangkat penciuman aroma virtual reality terkecil di dunia” dan dapat dilampirkan pada Headset VR manapun, terlepas dari jenisnya.V-Commerce

2. V-Commerce

Bukan rahasia lagi bahwa baik VR maupun AR memiliki potensi substansial untuk masuk ke keseluruhan bidang e-commerce. V-Commerce memang terdengar seperti nama yang akan digunakan untuk menggambarkannya. Konsumen akan bisa menguji pakaian, perlengkapan serta berbagai produk yang berbeda sebelum mereka melakukan pembelian. Tidak diragukan lagi bahwa VR merupakan bagian dari masa depan bagi industry retail sebagai strategi pemasarannya.Advertising

3. Advertising 

Tidak diragukan lagi Virtual Reality merupakan cara yang paling efektif untuk menjangkau pelanggan dan dapat mengingat merkatau produk anda. Periklanan VR dapat dengan mudah memanfaatkan profil sosial pengguna dan menampilkan iklan yang relevan melalui simulasi atau kenyataan yang disempurnakan. Hal ini cenderung memiliki dampak besar pada keseluruhan perjalanan pelanggan. Terlebih lagi, karena VR begitu luas dan bisa diterapkan pada hampir semua industri, kemungkinan untuk iklan hampir tidak terbatas.

4. Alat VR yang Lebih Lengkap

Prediksi masuknya alat yang memungkinkan orang untuk membuat serta mempublikasikan konten VR tanpa melakukan banyak usaha. Kita bisa mengantisipasi lebih banyak hal menarik seperti MindShow untuk mulai bermunculan di pasar, memungkinkan pengguna biasa menikmati film mereka dengan mendebarkan dan berbasis karakter di VR.

Sekarang, penting untuk dicatat bahwa contoh seperti MindShow tidak mengharuskan Anda untuk mengunggah video 360, melainkan sebuah video 2D tradisional di YouTube, sehingga memerlukan pembuatan video 2D yang agak mahal yang akan memenuhi. Video tersebut cenderung lebih baik daripada pengalaman asli yang dibawa VR. Alasannya adalah cerita sederhana dalam medium yang bersifat spasial sebenarnya adalah sebuah karya yang sedang berjalan pada saat yang terbaik dan tidak benar-benar memerlukan pemasangan yang sebenarnya.

Namun, alat VR akan memberdayakan kotak pasir supercharged serta alur kerja yang berbeda untuk membawa lebih banyak ke meja untuk media pengisahan cerita seperti YouTube dan Instagram, misalnya. Hal terbaik adalah Anda tidak memerlukan tim studio perusahaan khusus untuk memompa konten berkualitas melalui pengalaman VR asli.

5. Peluang Kerja

Peluang kerja bagi pengembangan VR sudah bisa kita lihat dan trennya pasti akan berkembang seiring kebutuhan itu sendiri seiring pertumbuhan ekonomi yang masif. Di tahun 2018 dan tahun-tahun yang akan datang pasti akan melihat peningkatan yang luar biasa dalam keseluruhan permintaan untuk mempekerjakan ahli di bidang pengembangan VR. Konten lebih banyak akan dirilis di tahun-tahun mendatang dan kita akan melihat peningkatan dalam peran yang terkait dengan mereka. Hal ini akan mempengaruhi berbagai industri yang berbeda seperti pemasaran, periklanan, desain dan tentu saja pengembangan peralatan dan sensor yang berhubungan dengan VR.

Nah, teknologinya semakin membaik, tidak ada keraguan lagi. Sulit untuk menentukan dengan pasti bagaimana VR akan maju sampai tahun depan. Namun, tren virtual reality ini tidak diragukan lagi akan datang.

 

Source:  ezinearticles 

(Visited 19 times, 1 visits today)