Sebelum menentukan  manakah tools yang lebih baik untuk digunakan. Mari berkenalan terlebih dahulu dengan XAMPP dan WAMP. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Pengertian XAMPP & WAMP

XAMPP adalah sebuah perangkat lunak yang sistem penamaannya berdasarkan akronim kata Apache (Web Server), MySQL Database, Bahasa Pemrograman PHP dan PERL. Sedangkan huruf X pada awal kata merupakan istilah cross platform, dimana software ini dapat digunakan di berbagai macam sistem operasi seperti Linux, Windows, MacOS, dan solaris. XAMPP merupakan aplikasi berbasis open source, yang biasa digunakan dalam pengembangan website. Program ini tersedia dalam GNU (General Public License), yang bisa didapatkan secara gratis.

WAMP adalah singkatan dari Windows (OS), Apache (Web Server), MySQL Database, Bahasa Pemrograman PHP. WAMP juga digunakan untuk menjalankan web server pada sistem operasi Windows. WAMP berfungsi sebagai virtual atau local server yang dijalankan di komputer pribadi. WAMP mempermudah pekerjaan back-end dan front-end developer. Software ini memungkinkan untuk mendesain dan mengembangkan website tanpa harus khawatir mengubah kode dalam website.  

XAMPP vs WAMP

Untuk menentukan mana yang lebih baik, perhatikan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tools.

Kelebihan XAMPP

  • XAMPP jauh lebih mudah di konfigurasi dan digunakan dibandingkan dengan web server lainnya;
  • XAMPP merupakan software lintas platform yang tersedia untuk berbagai sistem operasi;
  • Hanya dengan satu perintah saja semua web server + database stack dapat dimulai dan dihentikan;
  • Software ini memiliki banyak modul penting seperti OpenSSL, PhpMyAdmin, MediaWiki, WordPress, dan masih banyak lagi.

Kekurangan XAMPP

  • Konfigurasi dan pengaturan XAMPP lebih sulit dibandingkan dengan WAMP

Kelebihan WAMP

  • Sangat mudah mengubah konfigurasi pada WAMP.
  • WAMP membuat pengkodean PHP dan pembuatan database di platform Windows menjadi jauh lebih mudah;
  • WAMP tersedia pada sistem 64-bit dan 32-bit.

Kekurangan WAMP

  • Proses instalasi WAMP tidak semudah XAMPP.

XAMPP dan WAMP tentu memiliki beberapa kesamaan dan perbedaannya sendiri. Kesamaan yang dimiliki oleh XAMPP dan WAMP adalah keduanya sama-sama bersifat open source yang dapat diunduh secara gratis. Selain itu, kedua software ini memiliki keunggulan tidak perlu mengunduh satu-per-satu Apache, PHP, dan MySQL untuk membuat web server dapat  berfungsi di komputer.

Sedangkan perbedaan dari kedua software ini adalah XAMPP memiliki imbuhan “X” yang berarti program ini dapat berjalan secara lintas platform, dimana software ini mendukung berbagai sistem operasi. Sementara WAMP adalah local server yang hanya mendukung sistem Windows saja. Perbedaan selanjutnya adalah, konfigurasi pada software XAMPP jauh lebih mudah dibandingkan dengan WAMP. XAMPP mendukung PHP, PERL, MySQL, sementara WAMP hanya mendukung MySQL dan PHP.

Jadi, mana yang lebih baik? XAMPP atau WAMP?

Tak dapat dipungkiri, XAMPP dan WAMP merupakan local server yang terorganisir dengan baik dan dapat diandalkan. Keduanya memiliki banyak manfaat dan sangat berguna, khususnya bagi para web developer. Pilihan mana yang lebih baik disesuaikan dengan tingkat kenyamanan dan kebutuhan penggunanya itu sendiri. Jika pengguna hanya menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sistem operasi Windows OS, WAMP menjadi pilihan yang tepat. Di sisi lain, jika pengguna ingin menggunakan serangkaian fitur tambahan untuk membuat website unik dan eksklusif, serta mengerjakan proyek di berbagai sistem operasi, XAMPP lah solusinya.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Aplikasi XAMPP Secara Lengkap

(Visited 26 times, 1 visits today)