Automation Testing bergantung pada pra-scripted tes yang berjalan secara otomatis. Automation Testing  berfungsi untuk membandingkan hasil yang diharapkan dengan hasil yang sebenarnya. Sehingga dapat mengetahui apakah aplikasi atau web berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Menggunakan Automation Testing bisa dilakukan secara berulang, sehingga jika hasilnya tidak sama dengan yang diharapkan, nantinya akan mendapatkan bug yang bisa kita laporkan kepada tim dev untuk di fixed. Hal ini akan terbantu jika Anda menggunakan tools Automation Testing.

Berikut Tools Terbaik Automation Testing yang Bisa Anda Coba

1. Apache JMeter

automation testing

Image Source : jmeter

jMeter atau The Apache JMeterTM merupakan aplikasi open source berbasis Java yang bisa digunakan untuk performance test. jMeter juga bisa digunakan untuk melakukan load/stress testing Web Application, FTP Application dan Database server test.

jMeter juga bisa dijalankan dengan 2 cara, yaitu dengan GUI atau non-GUI ( Command line ). Untuk seorang beginner lebih baik  menggunakan cara yang pertama. Mudah dan tanpa melakukan scripting tertentu. Anda hanya tinggal membuat Test Plan dan mengisikan berapa thread & sample yang akan diujicobakan, running dan menganalisa hasil/report.

2. Postman

Postman merupakan sebuah aplikasi (berupa plugin) untuk browser chrome, fungsinya adalah sebagai REST Client atau istilahnya adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan uji coba REST API yang telah kita buat.

3. Ranorex

automation testing

Image Source : ranorex

Ranorex adalah alat yang baik untuk tes otomatisasi tidak hanya untuk terbaru, tetapi juga untuk versi awal dan sub-versi Android, mulai dari Android 2.2. Salah satu keuntungan Ranorex adalah laporan rinci dengan screenshot. 

Hal ini dapat menghubungkan smartphone atau tablet ke Internet melalui WiFi.Ranorex Studio memungkinkan seorang insinyur tes otomatis untuk membuat tes dengan mudah, hanya dengan mengklik mouse. Hal ini memungkinkan mengelaborasi modul program tambahan. Modul dapat digunakan selama siklus pengembangan terlambat untuk skenario pengujian yang lebih kompleks.

4. Tricentis Tosca

Tricentis Tosca adalah alat pengujian perangkat lunak yang digunakan untuk mengotomatisasi pengujian ujung ke ujung untuk aplikasi perangkat lunak . Ini dikembangkan oleh Tricentis .

Tricentis Tosca menggabungkan beberapa aspek pengujian perangkat lunak (desain kasus uji, otomatisasi uji, desain dan generasi data uji, dan analitik) untuk menguji GUI dan API dari perspektif bisnis.

Baca juga artikel lainnya : Coder Cilik Ini Sukses Dilirik Oleh Google, Microsoft dan Facebook

5. IBM Rational Functional Tester (RFT)

automation testing

Image Source : crx4chrome

IBM Rational Functional Tester adalah alat otomatisasi pengujian yang dirancang untuk menguji aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai bahasa dan teknologi seperti Web, .Net, Java, Visual Basic, Siebel, SAP, PowerBuilder, Adobe Flex, dan Dojo Toolkit. IBM juga merupakan platform pengujian berbasis data untuk pengujian fungsional dan regresi.

RFT juga menyediakan fitur yang disebut ‘storyboard testing’ yang membantu memvisualisasikan dan mengedit tes menggunakan bahasa alami dan screenshot aplikasi. 

Kemampuan ScriptAssure RFT memungkinkan penguji untuk menghasilkan skrip uji yang tangguh terhadap perubahan dalam antarmuka pengguna AUT. RFT juga dapat berintegrasi dengan alat manajemen siklus hidup aplikasi IBM lainnya, seperti Konser Tim Rasional IBM dan Manajer Kualitas Rasional.

6. SoapUI

SoapUI bukan alat otomatisasi pengujian untuk pengujian Web atau aplikasi seluler; tetapi bisa menjadi alat pilihan untuk menguji API dan layanan. SoapUI mendukung layanan REST dan SOAP. Penguji otomatisasi API dapat menggunakan sumber terbuka atau versi pro. Edisi pro memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan beberapa fitur canggih seperti wizard pernyataan, editor formulir, dan pembuat kueri SQL.

 

7. TestComplete

automation testing

Image Source : edupodz


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

TestComplete berguna untuk pengujian aplikasi Web, seluler, dan desktop. Penguji dapat menggunakan JavaScript, VBScript, Python, atau C ++ Script untuk menulis skrip pengujian.  TestComplete juga memiliki mesin pengenalan objek yang dapat secara akurat mendeteksi elemen antarmuka pengguna yang dinamis. Mesin ini sangat berguna dalam aplikasi yang memiliki antarmuka pengguna yang dinamis dan sering berubah.

8. UFT

UFT berguna untuk menguji desktop, Web, dan aplikasi seluler. UFT juga memiliki kemampuan yang baik untuk pengujian API. Dengan mendukung banyak platform untuk aplikasi target yang sedang diuji (AUT), UFT menyediakan pilihan yang nyaman untuk menguji AUT yang beroperasi di desktop, Web, dan seluler.

Baca juga artikel lainnya : Ini Pentingnya Belajar Coding Untuk Semua Orang

9. Katalon Studio

Image Source : keytorc

Katalon Studio berfungsi untuk melakukan pengujian API, Web, seluler, dan pengujian aplikasi desktop. Ini juga memiliki serangkaian fitur yang kaya untuk jenis pengujian ini dan mendukung banyak platform termasuk Windows, macOS, dan Linux.

Memanfaatkan mesin Selenium dan Appium, Katalon Studio menyediakan lingkungan terintegrasi unik untuk penguji yang menemukan kesulitan dalam mengintegrasikan dan menggunakan kerangka kerja dan perpustakaan yang berbeda untuk menggunakan Selenium dan Appium, serta mereka yang sudah terbiasa dengan mesin ini.

10. Selenium

Selenium berfungsi untuk menguji otomatisasi dan dianggap sebagai standar industri untuk pengujian otomatisasi antarmuka pengguna aplikasi Web. Untuk pengembang dan penguji yang memiliki pengalaman dan keterampilan dalam pemrograman dan scripting, Selenium menawarkan fleksibilitas yang tidak terlihat dalam banyak alat dan kerangka kerja otomatisasi pengujian. 

Pengguna dapat menulis skrip uji dalam berbagai bahasa berbeda (seperti Java, Groovy, Python, C #, PHP, Ruby, dan Perl) dan kompatibel dengan berbagai sistem operasi (Windows, Mac, Linux) dan browser (Chrome, Firefox, IE, dan Headless browsers).


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 102 times, 1 visits today)