Apa itu coding dan contohnya? Pertanyaan yang mungkin sering muncul di benak para pengguna perangkat lunak seperti aplikasi, situs web, dan sebagainya. Dewasa ini perkembangan teknologi terus tumbuh semakin pesat.

Hampir semua bidang tidak bisa terlepas dari yang namanya perkembangan teknologi. Salah satu contohnya saat ini, mayoritas orang memiliki smartphone untuk melakukan berbagai aktivitasnya.

Misalnya bekerja, sekolah, bisnis, hiburan, komunikasi, dan aktivitas lainnya. Nah, itulah salah satu yang mendasari semakin banyaknya aplikasi untuk menjawab kebutuhan manusia.

Berbagai lini berusaha untuk mengembangkan aplikasi sebagai layanan penunjang operasionalnya. Namun tahukah Anda bagaimana proses pembuatan aplikasi sehingga manfaatnya begitu besar untuk kebutuhan penggunanya?

Coding merupakan salah satu bekal yang perlu dimiliki oleh para pengembang aplikasi agar bisa menciptakan layanan terbaiknya. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjabaran tentang apa itu coding dan contohnya.

Apa Itu Coding?

Apa Itu Coding

Coding merupakan suatu langkah yang dilakukan programmer dengan menuliskan berbagai kode memakai bahasa pemrograman. Tujuannya adalah agar kode-kode tersebut bisa komputer pahami dan bisa merealisasikan maksud Anda.

Proses menuliskan kode pemrograman perlu memahami sintak dan aturan yang ada sehingga bisa menghasilkan kode yang tepat. Sederhananya coding merupakan alat untuk memberitahukan komputer terkait apa yang perlu dikerjakan.

Kode tersebut adalah bahasa atau perantara bagi komputer dan programer untuk berkomunikasi. Proses penulisan coding memang perlu mematuhi aturan yang ada. Hal ini karena komputer adalah perangkat mesin yang hanya bisa menerima perintah dengan membaca kode tersebut.

Sebelum memutuskan untuk melakukan proses coding, langkah pertama yang perlu programmer lakukan adalah memilih bahasa pemrograman. Tentunya pemilihan ini disesuaikan dengan tujuan proyek yang hendak programmer buat.

Misalnya proses coding untuk membuat aplikasi berbasis Android bisa memakai Java Script atau Kotlin. Selain itu, banyak lagi jenis bahasa pemrograman yang bisa Anda gunakan seperti berikut ini.

  1. Python;
  2. PHP;
  3. Java Script;
  4. C++;
  5. Java;
  6. C#;
  7. C;
  8. Swift;
  9. R;
  10. Ruby;
  11. Go.

Itulah beberapa bahasa pemrograman yang bisa Anda gunakan, sedangkan untuk contoh pengaplikasian sebaiknya terlebih dahulu belajar dasar-dasar coding seperti apa.

Baca juga : Inilah Bahasa Pemrograman yang Banyak Dicari Perusahaan Besar

Pentingnya Belajar Coding di Masa Kini

Saat ini tidak semua orang memiliki keahlian dalam melakukan coding. Sebagian dari mereka masih menganggap bahwa keterampilan coding merupakan hal yang cukup sulit dan komplek.

Pasalnya untuk memahami bahasa pemrograman dan aturannya dibutuhkan usaha lebih. Selain itu harus bersabar, telaten, dan tentunya tekun dalam mempelajari.

(Visited 7 times, 1 visits today)