Ingin meniti karier sebagai seorang programmer atau bidang sejenisnya, tentu harus belajar dan memahami berbagai macam bahasa pemrograman seperti C++. C++ merupakan salah satu bahasa  pemrograman yang populer dan banyak digunakan untuk segala kebutuhan dengan potensi yang luar biasa. Oleh karena itu, mempelajari C++ menjadi langkah yang tepat bagi para pemula, untuk terjun ke dunia programming. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips belajar bahasa pemrograman C++, yuk simak!  

Pahami Dahulu Bahasa Pemrograman C++

C++ adalah evolusi dari bahasa C yang digunakan untuk pengembangan software atau aplikasi. Bahasa C dibuat, dipengaruhi, dan diuji oleh para programmer untuk menghasilkan versi baru dari C, yaitu C++ sebagai penyempurna bahasa pemrograman sebelumnya. Keduanya memiliki sintak dan struktur kode yang serupa, hanya saja bahasa pemrograman C++ merupakan Object Oriented Programming (OOP), sedangkan C merupakan bahasa pemrograman prosedural.

Sebagai bahasa prosedural, kode C terdiri dari instruksi yang secara otomatis dapat memberitahu komputer atau komponennya agar dapat menyelesaikan tugas dengan langkah logis. Dengan menggunakan C++, semua dapat dilakukan dengan mudah. Bahasa pemrograman C++ dapat mengubah fungsi tanpa harus mengubah keseluruhan program. Hal itu dikarenakan C++ dilengkapi oleh data dan function  yang digabungkan dalam kelas dan objek untuk memecahkan sebuah masalah.

Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman C++

C++ merupakan bahasa pemrograman yang populer, tak heran banyak sekali sumber yang tersedia agar dapat dipelajari oleh para pemula. Sumber dapat ditemukan dalam bentuk tutorial online, situs web, dan buku. Jika Anda ingin terjun secara profesional dan memulai karier dalam bidang programming, berikut pemahaman yang harus Anda ketahui.

1. Pahami konsep dasar Coding

Pelajari terlebih dahulu konsep dasar coding secara umum. Dengan memahami konsep dasar yang berlaku untuk semua bahasa pemrograman, proses pembelajaran coding akan jauh lebih mudah. Dalam mempelajari coding, beberapa hal penting seperti variabel, struktur kontrol, struktur data, sintaks, hingga tools yang berguna dan sangat diperlukan perlu Anda pahami.

2. Kuasai Sintaks C++

Sintaks merupakan tata bahasa, bahasa pemrograman dan dasar untuk semua yang dituliskan pada C++. Tata bahasa mendefinisikan bagaimana kode C++ dapat disusun dan dipahami.

3. Berlatih dasar C++

Setelah menguasai sintaks, pahami bahasa yang lebih besar seperti pointers, strings, functions, arrays, references, classes and objects, dan, polymorphism.

4. Praktikan Secara Langsung

Ketika mempelajari ilmu baru, mempraktikkan secara langsung penting dilakukan. Ketika mempelajari bahasa pemrograman C++, Anda dapat mempraktikkannya langsung dengan membuat aplikasi yang disesuaikan dengan kemampuan diri. Anda juga bisa bergabung di komunitas online untuk menambah jaringan dan memperluas peluang mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: 7 Profesi Plus Gaji di Bidang Programming yang Banyak di Incar Perusahaan

(Visited 15 times, 1 visits today)