Bosque – Baru-baru ini Microsoft merilis bahasa pemrograman baru. Bagi netizen indonesia, kata ‘bosque’ memang terdengar familiar. Bahasa Pemrograman Bosque adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk penulisan kode yang sederhana, jelas, dan mudah dipahami oleh manusia maupun mesin.

bosque

Bosque adalah bahasa pemrograman typed dan fungsional yang sintaksnya terinspirasi dari Javascript, Typescript dan bahasa pemrograman ML.

Microsoft meluncurkan ini sebagai upaya untuk membuat bahasa pemrograman yang lebih sederhana, jelas, mudah dimengerti programmer maupun untuk mesin (komputer).

Tujuan di buatnya bahasa pemrograman ini adalah:

  1. Meningkatkan produktifitas programmer
  2. Meningkatkan kualitas software
  3. Serta memberikan tool dan pengalaman baru bagi para programmer.

Sampai sekarang, bahasa pemrograman baru dari Microsoft ini masih dalam tahap pengembangan. Pihak Microsoft tidak merekomendasikan para pengembang menggunakannya untuk diwujudkan menjadi sebuah produk. Tetapi, bahasanya terbuka untuk eksperimen. Di dalamnya masih akan ditemui beberapa “bug” lantaran beberapa tool fungsional masih belum stabil, sebagaimana dihimpun dari halaman resmi bahasa pemrograman tersebut di Github


Baca juga:


Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum mencoba bahasa pemrograman yang satu ini:

1. Masih Dalam Tahap Pengembangan

Pihak Microsoft tidak merekomendasikan para pengembang menggunakannya untuk diwujudkan menjadi sebuah produk. Tetapi, bahasanya terbuka untuk eksperimen. Di dalamnya masih akan ditemui beberapa “bug” lantaran beberapa tool fungsional masih belum stabil.

2. Bosque Tidak Memiliki Blok Perulangan

Biasanya pada bahasa pemrograman, kita akan temukan blok perulangan seperti forwhiledo/while, dan repeat/until. Tetapi di Bosque ini tidak ada. Mungkin ini yang mereka maksud menghindari kecelakaan kompleksitas (accidental complexity) dengan menhapus penyebab kompleksitas tersebut.

contoh :

Bahasa Pemrograman C

int a[5] = {1, 2, 3, 4, 5};
int b[5];
for(int i=0; i<5; i++)
b[i] = a[i]*2;

Bahasa Pemrograman Bosque

var a = List[Int]@{1, 2, 3, 4, 5};
var b = a.map[Int](fn(x) => x*2);

(perulangan menggunakan map)

3. Apa Bosque Memiliki Fungsi I/O ?

Fungsi input/output belum ada. Mungkin nanti akan menggunaan modul atau library tambahan untuk melakukan input/output.

4. Masih Seumur Bayi

Bosque di Github dibuat pada tanggal 3 maret 2019 dan dipublikasikan oleh Microsoft pada tanggal 15 april 2019. Sebagai bahasa pemrograman baru, masih banyak hal yang harus dibuat. Belum lagi kalau ada bugs dan error.

5. Dokumentasi Belum Lengkap

bosque

Dokumentasi Bosque masih belum lengkap. Pada repositori Bosque, masih banyak bagian dokumentasi yang belum dikerjakan dan statusnya masih [TODO]


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

 

(Visited 206 times, 1 visits today)