Anda memiliki ketertarikan yang kuat dalam mengolah angka dan menganalisis data? Sudahkah mempertimbangkan mengambil profesi sebagai Data Analyst?. Seiring berkembangnya digital, kebutuhan akan data pun semakin meningkat tiap tahunnya. Begitu pula profesi sebagai data analyst, profesi yang bertanggung jawab dalam menerjemahkan data atau angka-angka menjadi laporan yang bisa diolah dan dimengerti oleh manajemen. Kini, kesempatan bagi orang-orang yang tertarik terjun di bidang digital analyst sangat terbuka lebar. Sudah banyak perusahaan besar yang memberikan info lowongan pekerjaan untuk posisi data analyst pada situs kerja dan media sosial.  Bagaimana cara membuat CV data analyst yang menarik agar dapat dilirik perusahaan besar? Yuk, perhatikan tips dan contoh CV data Analyst berikut ini.

Tips Membuat CV Data Analyst Yang Menarik

1. Ringkasan Pengalaman

Tonjolkan pengalaman Anda dalam analisis data dan penelitian, pada saat menulis ringkasan. Hal itu dilakukan untuk meyakinkan bahwa Anda bisa menjadi pegawai yang kompeten pada perusahaan yang Anda lamar, Tuliskan seberapa handalnya Anda dalam menggunakan bahasa pemrograman dan metode penelitian data.

2. Cantumkan Kelebihan

Menjadi seorang data analyst, tidak terlepas dari beberapa tools yang digunakan untuk membantu dalam menerjemahkan data agar menjadi suatu informasi yang mudah dimengerti. Pastikan Anda mencantumkan beberapa tools yang Anda kuasai dan beberapa kelebihan yang Anda miliki. Tonjolkan kelebihan Anda seperti dalam mengumpulkan informasi, bahasa pemrograman, memecahkan masalah, perencanaan, dan kemampuan lainnya yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data analyst. Cantumkan kelebihan tersebut dalam daftar pengalaman kerja dan pengalaman kerja tertentu yang melibatkan data.

3. Keterampilan Kunci

Pada umumnya seorang data analyst memiliki pengalaman dengan data warehousing, data mining, penangan data model. Di kalangan praktisi dua soft skill yang terkenal adalah data storytelling dan visualisasi data. Seorang data analyst harus bisa menciptakan narasi atau menulis laporan yang menarik dan mudah dipahami. Pastikan Anda mencantumkan keterampilan tersebut.

4. Keterampilan Teknisi

Selain memahami bahasa database seperti R, Python, dan SQL, seorang data analyst juga harus menguasai beberapa program pendukung lainnya seperti MS.Excel dan Google Analytics. Seorang data analyst juga harus terbiasa dengan metodologi manajemen proyek. Pastikan menuliskan keterampilan berikut di CV Anda. 

5. Latar Belakang Pendidikan

Menjadi seorang data analyst umumnya memiliki latar belakang pendidikan jurusan matematika, ekonomi, atau statistik. Jurusan berikut yang diutamakan oleh perusahaan. Cantumkan latar belakang pendidikan Anda, beserta pendidikan tambahan lainnya sepert bahasa Asing untuk bahan pertimbangan perusahaan.

Contoh CV Data Analyst Yang Menarik

Contoh CV Data Analyst dan Tips Membuatnya Agar Menarik Perusahaan Besar

Sumber Gambar: piktochart.com

 

Contoh CV Data Analyst dan Tips Membuatnya Agar Menarik Perusahaan Besar

Sumber Gambar: resume.io

Contoh CV Data Analyst dan Tips Membuatnya Agar Menarik Perusahaan Besar

Sumber Gambar: cakeresume.com

Baca Juga: Mengenal Bahasa Pemrograman Arduino Secara Lengkap yang Mudah Dipelajari untuk Pemula

(Visited 60 times, 1 visits today)