Pada saat diterima kerja, hal ini pasti sangat menyenangkan terutama untuk para Fresh Graduate. Namun perlu Anda ketahui, hal yang terpenting sebelum Anda mulai bekerja adalah adanya sebuah kontrak kerja. Oleh karena itu Anda harus dengan saksama memperhatikan isi dari kontrak tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak Anda setujui yang pada akhirnya akan membuat Anda menyesal pada saat bekerja.

Berikut 5 Poin Sebelum Anda Tanda Tangan Kontrak Kerja

1. Pahamilah Deskripsi Pekerjaan Secara Detail

Kontrak Kerja

Image Source : ziprecruiter

Meski saat melamar Anda sudah mengetahui posisi dan apa yang akan kamu lakukan nantinya, tidak berarti kamu bisa mengabaikan judul dan deskripsi pekerjaan dalam kontrak. Bagaimana pun deskripsi pekerjaan yang tercantum di kontrak sangatlah penting karena di sana tertulis jelas apa saja yang akan jadi dan bukan tugas Anda. Jangan sampai karena tidak membaca deskripsi pekerjaan, Anda akan mengeluhkan jika disuruh melakukan tugas lain yang bukan kewajiban Anda dan membuat beban kerja jadi lebih berat dari yang seharusnya.

2. Gaji Perbulan

Gaji per bulan jelas jadi salah satu poin penting yang wajib Anda perhatikan. Anda juga harus tahu kapan, berapa dan memastikan bahwa jumlahnya sesuai dengan apa yang sudah dinegosiasikan dengan atasan. Selain gaji, kamu juga harus tahu tunjangan apa saja yang akan kamu dapatkan. Tunjangan ini mencakup kesehatan, keselamatan kerja, dan bonus uang tambahan jika kamu harus lembur di kantor. Ingat, uang adalah hal yang sensitif, jadi kamu harus membaca kontrak dengan teliti atau kalau perlu mendiskusikannya dengan atasan.

Baca juga artikel lainnya : 5 Kendala yang Dirasakan Fresh Graduate Saat Pertama Kali Bekerja

3. Libur dan Cuti

Kontrak Kerja

Image Source : mpssoft

Lewat kontrak kerja, perusahaan menjelaskan ketentuan libur dan jumlah cuti yang bisa Anda dapatkan dalam satu tahun. Jangan sampai gara-gara tidak membaca kontrak membuat Anda menyesal kemudian dan menuduh perusahaan kejam karena tidak kunjung membiarkan kamu pergi liburan.

Baca juga artikel lainnya : Penyebab Para Fresh Graduate Sulit Menemukan Pekerjaan

4. Jam kerja

Pada Umumnya perusahaan di Indonesia mempekerjakan karyawannya 7 atau 8 jam per hari. Namun yang namanya perusahaan tidak akan selalu sama. Jadi daripada saat kerja nanti Anda sibuk menghitung waktu, akan lebih baik kalau Anda mengetahui terlebih dahulu jam kerja diawal kontrak. Selain jam kerja, di kontrak juga biasanya tercantum ketentuan lembur seperti kapan dan berapa jam yang harus ANda habiskan di kantor. Jangan-jangan karena saking cintanya sama pekerjaan membuat Anda kebablasan dan lembur hampir setiap hari dan tidak memperhatikan kesehatan.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

5. Awal mulai dan berakhirnya kontrak

Kontrak Kerja

Image Source : litigasi

Kalau masalah kapan kontrak dimulai, Anda pasti sudah tahu. Tetapi kapan kontrak itu berakhir? Itu yang harus diperjelas. Biasanya perusahaan mengontrak karyawan selama tiga tahun. Jika kinerja Anda bagus, mereka akan memperpanjang kontrak atau mengangkat kamu sebagai karyawan tetap. Tetapi tidak semua perusahaan sebaik itu, ada perusahaan yang langsung menghentikan karyawan ketika kontrak selesai dan mencari yang baru. Dengan mengetahui kapan berakhirnya kontrak, dan kebijakan perusahaan akan membantu Anda menentukan nasibmu


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 0816999735
Email: recruitment@tog.co.id

(Visited 141 times, 1 visits today)