Saat ini kita sudah masuk di era industri 4.0 yang membuat banyak peluang kerja di sektor teknologi informasi (TI). Khususnya, untuk bidang Cyber Security. Tak hanya prospek kerja Cyber Security saja yang baik, gaji yang ditawarkan dan jenjang karirnya terbilang cukup bagus. Tingkat persaingannya pun masih tergolong rendah. Berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2015, terdapat lebih dari 209 ribu lowongan kerja Cyber Security Spesialist di Amerika Serikat yang terbuka dan sepi pelamar. Menurut Peninsula Press, peningkatan pencarian tenaga Cyber Security akan terus meningkat berkisar 74% namun dalam 5 tahun sebelumnya.

Berikut ini prospek kerja profesi apa saja yang dapat ditempati oleh orang-orang yang mempunyai skill Cyber Security

1. Konsultan Cyber Security

Konsultan Security bertugas dalam memberikan solusi keamanan yang dihadapi oleh perusahaan. Tanggung jawab dari posisi ini terbilang cukup luas. Mulai dari menemukan cara yang paling efektif dalam melindungi jaringan, perangkat lunak, serta melakukan pengujian dan analisis risiko yang timbul.

2. Security engineer

Security Engineer merupakan posisi tingkat menengah yang memiliki tugas dalam membangun dan memelihara sistem keamanan perusahaan. Terkadang, mereka harus memasang firewall, menguji keamanan, mengembangkan skrip automasi untuk melacak insiden atau pun menguji keamanan dari jaringan perusahaan tersebut.

3. Chief Information Security Officer

Chief Information Security Officer (CISO) merupakan pimpinan yang memiliki tugas dalam mengatur sektor keamanan TI disebuah perusahaan. Tentunya orang-orang yang menempati posisi ini memiliki pengalaman yang terbilang cukup lama di bidang Cyber Security.

4. Incident responder

Seorang incident responder adalah sosok yang pertama kali harus bertindak ketika terjadi insiden keamanan atau serangan siber. Tak hanya itu, mereka juga memiliki tanggung jawab dalam edukasi dan melakukan pencegahan terjadinya insiden serupa.

5. Security architect

Security Architect adalah profesi yang memiliki tugas untuk mengimplementasikan dan mengawasi keamanan jaringan komputer perusahaan. Tangung jawab pekerjaan ini adalah mendesain, meriset hingga mengembangkan arsitektur keamanan perusahaan.

6. Penetration Tester

Penetration Tester atau bisa disebut juga white hat hacker. Profesi ini memiliki tugas untuk mencari celah keamanan dalam sistem perusahaan dan melakukan analisa secara mendalam bug pada sistem.

7. Computer forensic spesialist

Posisi pekerjaan ini memiliki tanggung jawab layaknya seorang detektif. Mereka dituntut untuk dapat mengakses dan menganalisis bukti dari beragam hal, mulai dari komputer, jaringan, atau perangkat penyimpan data.

8. Security analyst

Orang-orang yang bekerja di Security Analyst ini bertugas dalam mendeteksi serta mencegah ancaman Cyber terhadap perusahaan. Termasuk di antaranya adalah melakukan perencanaan, implementasi, analisis risiko, audit internal dan eksternal, hingga koordinasi rencana keamanan dengan pihak ketiga.

9. Auditor Security

Auditor Security merupakan pekerjaan yang mengharuskan Anda memiliki kemampuan dalam memeriksa efektivitas disebuah sistem keamanan pada perusahaan. Di samping itu, mereka juga harus bisa memberikan solusi yang berguna untuk peningkatan sistem untuk lebih aman dari serangan cyber.

10. Developer Software Security

Dalam pekerjaan dibidang yang satu ini, merka akan diberikan tanggung jawab dalam mengembangkan software keamanan dan mengintegrasikannya ke dalam sistem perusahaan. Mereka juga memiliki kewajiban dalam memberikan dukungan serta pengujian perangkat lunak yang telah dirancang.

Baca juga artikel lainnya : Peluang Kerja Mobile Developer yang Sangat Menjanjikan


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 16 times, 1 visits today)