Apakah ada tips lolos interview kerja? Banyak sekali para pencari kerja yang mengeluhkan bahwa dirinya sudah sering memperoleh panggilan di banyak tempat, namun sering gagal pada tahap interview.

Interview atau wawancara kerja merupakan salah satu fase yang digunakan perusahaan saat merekrut pekerja. Selain bukti administrasi, proses interview bertujuan untuk melihat secara langsung kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pada prosesnya calon pekerja akan berhadapan dengan rekruter yang tentunya memiliki keahlian di bidang human resource. Jika asal-asalan, maka rekruter tidak akan mudah tertarik dan terpikat dengan calon pekerja.

Bagi para pelamar kerja tidak perlu khawatir menghadapi hal tersebut. Ulasan berikut akan menyajikan beberapa tips lolos interview kerja untuk Anda. Sehingga segera mendapatkan pekerjaan impian.

Tips Lolos Interview Kerja, Biar gak Sering di Tolak

Perhatikan Tips Lolos Interview Kerja Berikut Agar Diterima Perusahaan

1. Kuasai Diri

Menguasai diri maksudnya adalah bisa melakukan kontrol terhadap tubuhnya ketika proses interview berlangsung. Misalnya memiliki rasa kepercayaan diri yang baik.

Dalam menjawab berbagai pertanyaan dan mengutarakan gagasan, pastikan melakukannya dengan penuh percaya diri dan yakin. Sehingga menurut HRD Anda akan terkesan lebih profesional.

Hindari tertawa, berbicara gugup, dan memasang raut muka yang tidak tepat. Pastikan juga pernyataan yang keluar tidak ada unsur merendahkan apapun dan siapapun.

Gunakan intonasi yang jelas dan bahasa mudah dipahami ketika berbicara dengan pihak HRD.

Baca juga: Panduan Membuat CV ATS Friendly Beserta Contohnya

2. Lakukan Riset Sebelumnya

Tips lolos interview kerja selanjutnya ialah melakukan riset terhadap perusahaan yang menjadi tujuan Anda ingin bekerja. Mulai dari profil perusahaan, tugas atau pekerjaan yang Anda lamar pada perusahaan tersebut, dan lain sebagainya.

Hal ini akan menunjukan bahwa pelamar memang benar-benar tertarik dengan pekerjaan dan perusahaan yang dilamar. Selain itu, saat rekruter bercerita tentang profil atau background perusahaan, maka bisa nyambung dan paham.

Terlebih lagi untuk para fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman. Tentunya mencari tahu banyak hal dengan melakukan riset seperti ini akan membantu sekali dalam menarik minat rekruter.

3. Hindari Terlambat

Selain hal-hal yang berkaitan dengan materi wawancara atau interview, hal yang perlu pelamar siapkan adalah etika. Pastikan datang tepat waktu dan jangan sampai terlambat.

Karena bisa mengurangi nilai plus yang ada dalam diri pelamar. Sebagai seorang calon karyawan sebaiknya memperlihatkan etika yang baik dan profesional. Etika datang tepat pada waktunya bisa memberikan kesan yang bagus.

Lebih baik jika datang 30 menit sebelum wawancara mulai. Dengan begitu Anda bisa istirahat dan mempersiapkan diri untuk lebih tenang. Datang terlambat atau terlalu mepet waktu juga bisa membuyarkan pikiran.

Apalagi Anda yang gampang gugup, pasti dengan tergesa-gesa akan membuat semakin berantakan.

4. Perhatikan Penampilan Anda

Hal lainnya yang tidak kalah penting sebagai tips lolos interview kerja ialah memperhatikan penampilan diri. Pastikan datang dengan kondisi rapi dan bersih. Menggunakan pakaian yang sopan dan sesuai dengan kondisi lingkungan kerja.

Jangan sampai memakai kaos, menggenakan pakaian terbuka, bahkan yang terlalu pendek. Hal ini akan memberikan poin minus karena tidak sesuai dengan kultur perusahaan tempat Anda bekerja.

Bukan hanya pakaian, tapi perhatikan juga rambut/jilbab Anda. Gunakan sepatu dan jangan memakai parfum dengan bau menyengat. Intinya tidak terlalu mencolok namun rapi, bersih, dan sopan.

Penampilan yang bagus akan menambah rasa percaya diri saat melakukan interview. Sehingga bisa menggambarkan kepribadian seseorang yang profesional.

Baca juga: Tips Menjawab Pertanyaan Gaji yang Diharapkan Untuk Fresh Graduate

5. Pastikan Membawa Berkas Sesuai Kebutuhan

Terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah mempersiapkan dan membawa berkas penting. Memang tidak semua interview diminta membawa berkas, namun Anda harus bersiap sebelumnya.

Misalnya rekruter meminta calon karyawan membawa dokumen portofolio untuk interview. Maka jangan lupa membawanya beserta dengan dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan.

Dengan begitu rekruter bisa melihat kepribadian Anda yang cekatan dan siap dalam segala hal. Anda bisa menyiapkan berkas-berkas kebutuhan interview satu hari sebelumnya. Tidak mendadak dan lebih tenang, sehingga meminimalisir berkas tertinggal.

Demikianlah beberapa informasi terkait dengan tips lolos interview kerja yang bisa Anda terapkan. Jangan lupa melakukan riset terlebih dahulu dengan perusahaan tujuan, sehingga bisa terkesan serius dalam bekerja.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)