Bahasa pemrograman merupakan sebuah perhimpunan dari aturan sintaks dan semantik yang memberikan instruksi untuk memerintah komputer agar bisa menjalankan fungsi tertentu. Bagi Anda yang belum mengenal bahasa pemrograman, tentu akan merasa bingung, bahasa pemrograman apa yang cocok dan akan dipelajari pertama kali. Terlebih lagi Anda juga bingung bahasa pemrograman apa yang cocok untuk tujuan anda belajar. Apakah itu untuk pembuatan web ? pembuatan mobile apps ? atau untuk pembuatan web service di server ? Jika Anda tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman, berikut cara memilih bahasa pemrograman yang cocok untuk pemula.

Menentukan Produk yang Ingin Dikembangkan

bahasa pemrograman yang cocok

Image Source : bagicode

 

Memilih produk yang akan dikembangkan dengan bahasa pemrograman pun sangat bervariasi untuk saat ini. Tak hanya digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak saja, berbagai macam perangkat keras pun kini sudah mulai dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ada saat ini.

Hal inilah yang mempengaruhi jenis bahasa pemrograman yang nantinya akan digunakan. Ketika ingin mengembangkan aplikasi Android, developer bisa memilih bahasa pemrograman Java maupun C++. Atau jika developer ingin mengembangkan aplikasi iOS, mereka bisa memilih bahasa Objective-C atau Swift.

Berbeda juga  jika mereka akan memilih membuat sebuah perangkat hardware untuk Internet of Things atau lainnya. Banyak board yang bisa menjadi pilihan, namun bahasa yang digunakan berbeda-beda, ada yang menggunakan C++, LUA, C, C# dan lainnya, tergantung board dan sistem yang digunakan.

Hal pertama yang menjadi dasar menentukan bahasa pemrograman yang tepat adalah jenis produk yang ingin dikembangkan. Ketika sudah menentukan produk yang ingin dikembangkan, para developer pemula akan memperoleh opsi bahasa pemrograman yang jauh lebih sempit, sehingga lebih mudah menentukan bahasa mana yang akan dipelajari terlebih dahulu.

Baca juga artikel lainnya : Ada Lovelace, Programmer Wanita Pertama di Dunia

Sesuaikan dengan Kemampuan

 

 

Ketika ingin mempelajari sebuah program, kita harus melihat terlebih dulu tingkat kesulitan masing masing bahasa pemrograman. Setiap bahasa pemrograman memiliki tingkat kesulitan sendiri-sendiri. Semakin kompleks suatu bahasa pemrograman, maka semakin sulit untuk dipelajari oleh developer pemula.

Developer juga harus mengetahui terlebih dahulu jenis bahasa pemrograman apa  yang ingin dipelajari. Membaca informasi kompleksitas kesulitan dari bahasa yang akan dipelajari akan menjadi salah satu cara untuk menentukan bahasa pemrograman. Jika Anda memiliki pengetahuan yang kurang terhadap bahasa yang ingin dipelajari, developer tentu tidak dapat memilih bahasa yang sesuai dengan tingkat kemampuan belajarnya. Menyesuaikan terlebih dahulu jenis bahasa yang akan dipelajari menjadi salah satu dasar memilih bahasa pemrograman. Kesulitan dalam belajar bisa menjadi kendala yang akan dihadapi oleh developer dapat muncul ketika memilih bahasa pemrograman yang tidak sesuai dengan tingkat kemampuan.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Memilih Bahasa Pemrograman yang memiliki Komunitas Sangat Besar

bahasa pemrograman yang cocok

Image Source : itstarterseries

 

Komunitas menjadi sebuah basis belajar bagi para developer. Ketika bertemu atau bergabung dengan komunitas yang banyak, seorang developer akan semakin mudah untuk mencari hal-hal yang belum diketahuinya. Dengan komunitas yang luas, berbagai macam solusi akan muncul ketika seorang developer mendapatkan masalah dalam belajar.

Baca juga artikel lainnya : Programmer Adalah Sebuah Pekerjaan yang Berbahaya Tetapi Mempunyai Banyak Potensial

Kadang kala, permasalahan yang muncul bagi developer baru merupakan permasalahan yang telah ada dan telah terselesaikan sejak lama. Dengan komunitas yang besar, tentu pemecahan permasalahan tersebut akan semakin banyak diperbincangkan, sehingga developer dapat menemukan solusi yang tepat untuk permasalahannya.

Komunitas akan menjadi dasar dalam memilih bahasa pemrograman untuk menentukan seberapa banyak sumber informasi yang dapat kita peroleh di dunia ini, untuk menentukan seberapa banyak tempat belajar bahasa pemrograman yang akan dipelajari.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Komunitas yang dibahas ini bukan hanya tentang komunitas secara offline, akan tetapi komunitas secara online, termasuk di dalamnya situs-situs belajar bahasa pemrograman. Semakin banyak, maka semakin banyak pula data, solusi, informasi, solusi, atau bahkan source code yang dapat kita gunakan.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 35 times, 1 visits today)