Menjadi seorang programmer andal menjadi impian setiap orang yang berkecimpung di dunia IT. Bahkan, di era digital seperti sekarang ini sudah banyak orang yang masih awam dengan dunia IT turut ingin mempelajari coding atau pemrograman Android. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips mudah untuk belajar coding Android. Berikut ulasannya!

Tips Mudah Belajar Coding Android

1. Pahami Konsep dasar Coding

Sebelum mempelajari bahasa pemrograman, ada baiknya memahami terlebih dahulu konsep dasar coding, seperti variabel, control structure, struktur data, syntax, dan tools.

2. Gunakan Bahasa Pemrograman yang Tepat

Terdapat beberapa bahasa program Android, yang populer digunakan oleh para pengembang yang bisa Anda pelajari juga, yaitu :

  • Java : Dalam pengembangan Android, Java merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar. Bahasa ini banyak digunakan oleh developer karena berbasis Object-Oriented Programming (OOP). Java dapat dipelajari dengan mudah karena menggunakan konsep objek dan dekat dengan kehidupan nyata.
  • Kotlin : Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang terbilang masih baru dan modern. Penulisan struktur kotlin hampir sama dengan Java, namun penulisan kode program kotlin lebih rapi dan mudah dipahami.
  • JavaScript : Bahasa pemrograman ini tidak hanya digunakan untuk mengembangkan website sisi tampilan dan server saja, namun juga bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi Android.
  • C++ : Tidak hanya untuk mengembangkan aplikasi berbasis desktop, C++ bisa digunakan untuk pemrograman Android.

3. Menentukan Tools yang Akan digunakan

Untuk mempelajari coding Android, beberapa IDE bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android, seperti Eclipse, Android Studio, dan React Native. Eclipse adalah IDE yang digunakan untuk pemrograman Android. Eclipse cocok digunakan untuk para pemula, karena penggunaannya tidak terlalu sulit.

Android studio merupakan IDE yang wajib dikuasai oleh Android developer. IDE ini merupakan aplikasi resmi yang mendapat dukungan penuh oleh Google. Dengan Android studio mengembangkan aplikasi dengan bahasa pemrograman Kotlin, Java, dan C++ dapat dilakukan.

Dalam mempelajari coding Android, tool React Native juga bisa Anda gunakan. Framework ini dikembangkan oleh Facebook untuk membantu kebutuhan developer dalam mengembangkan aplikasi berbasis Android dan iOS dengan memakai bahasa JavaScript

4. Pelajari Dasar Android

Setelah menemukan tools yang cocok, kini saatnya mempelajari tentang dasar-dasar pemrograman Android. Pelajari materi dasar pemrograman Android seperti, bagaimana cara menjalankan proyek menggunakan emulator atau langsung disambungkan ke smartphone Android. Cari informasi terkait cara menggunakan intent, textview, activity, toast, membuat toolbar, dan lain sebagainya.

5. Mencari Referensi

Kini sudah banyak situs website yang menyediakan sumber-sumber informasi tentang program Android. Belajarlah melalui ebook atau buku cetak yang bisa Anda jadikan sebagai sumber referensi. Ikuti suatu komunitas atau forum untuk bisa saling bertukar pendapat atau pandangan dengan developer lainnya.

6. Perbanyak Latihan

Perbanyak latihan merupakan cara yang efektif belajar coding Android. Ketika sudah memahami dan menguasai dasar-dasar Android dan tool pun sudah tersedia, kini saatnya melakukan praktik seperti membuat aplikasi Android sederhana.

7. Membuat Aplikasi Sendiri

Setelah Anda berhasil membuat aplikasi sederhana, tingkatkan lagi motivasi dan kemampuan dengan menciptakan aplikasi sendiri. Cobalah membuat aplikasi yang menarik dan bermanfaat untuk banyak orang.

Baca Juga: 6 Tips Membalas Email Panggilan Interview yang Benar

(Visited 24 times, 1 visits today)