Butuh Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Seorang iOS Developer Yang Handal ?

Untuk waktu yang dibutuhkan menjadi seorang ios developer yang handal jawabannya adalah Selamanya, kenapa selamanya? bukan berita yang cukup baik memang tapi mencoba untuk mengukur progress melalui jumlah jam yang kamu habiskan untuk belajar bukanlah cara terbaik untuk mengukur sebuah kemajuan.

Dasar-dasar dari iOS akan terasa sulit dikuasai karena kebanyakan Objective-C merupakan bahasa pemrograman yang cukup sulit. Mungkin akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengatasinya, bahkan bagi seorang developer berpengalaman sekalipun.

Ketika artikel ini menyebutkan “Selamanya” tidaklah menolong, tetapi ini mencontohkan bahwa mencoba mempelajari iOS development dengan berpatokan pada sebuah kurun waktu tertentu bukanlah cara terbaik dalam berpikir bagaimana cara coding secara umumnya. Cara terbaik untuk mengukur kemajuanmu bukanlah seberapa lama yang kamu butuhkan untuk melakukan sesuatu, tetapi apa yang bisa kamu lakukan dengan hasil belajarmu.

Fokus terlebih dulu terhadap 5 point yang akan dijelaskan dibawah ini:

1. Terapkan apa yang sudah anda pelajari

Fokuslah pada menghasilkan berlapis-lapis kualitas daripada hanya sekedar mengukur waktu yang terbuang. Tantanglah dirimu untuk melakukan apa yang paling sulit dan mengaplikasikan apa yang sudah kamu pelajari. Setelah mampu, segera buatlah sebuah app sederhana. Kemudian cobalah untuk menambahkan fitur dari setiap topik yang telah kamu pelajari ke dalam app sederhana tersebut untuk menjadi lebih keren dari sebelumnya.

2.  Coding Setiap Hari

Untuk pemula yang baru saja akan mempelajari coding, apapun bahasa pemrograman yang akan mereka pelajari, ada perbedaan yang sangat besar antara coding satu jam setiap hari dengan satu hari sekali setiap minggu. Jika kamu hanya coding sehari sekali setiap minggu, seberapa lama pun, kamu akan kehilangan efisiensi yang besar mencoba mengingat apa yang telah kamu pelajari minggu sebelumnya. Sangatlah penting untuk duduk mempelajari sesuatu dan berlatih setiap hari. Percayalah menyisihkan waktu sedikit setiap harinya akan jauh lebih baik dari sekedar mempelajari banyak hal sekaligus tetapi dalam waktu satu hari.

3. Belajar Bersama

Jika kamu mempelajari ini sendirian, akan lebih baik jika kamu mengajak seseorang yang bisa membantumu. Belajar pada satu sisi akan sangat menyenangkan saat kamu tidak mengalami masalah, tetapi akan sangat frustasi saat harus berusaha debugging pada pukul dua dini hari. Google dan Stack Overflow hanya bisa membantu sejauh saat kamu benar-benar merasa buntu.

4. Pilih Sumber yang Benar

Begitu banyaknya sumber-sumber di internet luar sana, tetapi tidak semuanya bagus bagi para pemula. Jadi harus pintar pintar memilih dulu yang benar-benar bisa diterapkan untuk kita kembangkan.

5. Jangan Berhenti Menjadi Pemula

Menjadi seorang programmer adalah mengenai bagaimana memecahkan masalah yang kompleks sehingga menjadi solusi yang logis. Melakukan pendekatan untuk setiap masalah dengan cara seorang pemula dapat membantumu berurusan dengan hal-hal baru yang harus kamu pelajari.

Teknologi akan berubah berkembang dengan sangat cepat dan pesat, Dalam jangka pendek saja syntax-syntax sudah berkembang. Karena sejatinya akan ada sesuatu yang baru untuk dipelajari. Memikirkan berapa banyak waktumu yang sudah terbuang bisa sangat menyiksa. Sebaiknya, cobalah untuk berpikir mengenai proses belajar; seperti hal-hal apa saja yang bisa kamu perbuat dengan hal baru tersebut, apa yang bisa kamu tambahkan ke dalam project kamu, dan apa yang bisa kamu pelajari selanjutnya. Biarkan code mengarahkanmu, bukan hitungan jam, dan jangan cepat menyerah jika terlihat ini akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Apalagi untuk sekarang lowongan kerja di bidang sebagai seorang ios developer cukup tinggi diminati oleh beberapa perusahaan lokal maupun asing, Untuk saat ini di TOG Indonesia sedang membutuhkan beberapa programmer seperti di bidang PHP Developer, .NET Developer, Java Developer dan Software Quality Assurance. Untuk lowongan kerja yang lain bisa klik di sini.

 

Salam Sukses

TOG Indonesia

(Visited 25 times, 1 visits today)