Di era revolusi industri 4.0 ini, pekerjaan yang berkaitan dengan Big Data sangat dibutuhkan oleh perusahaan di berbagai industri. Contohnya adalah Data Scientist, Data Engineer dan Data Analyst. Peran penting dari ketiga profesi tersebut membuat pendapatan yang diterima cukup besar. Bagi kalian yang ingin bekerja menjadi salah satu profesi tersebut, kenali terlebih dahulu perbedaan dari Data Scientist, Data Engineer dan Data Analyst yang akan dibahas lengkap dibawah ini.

Perbedaan Data Scientist

Data Scientist

Profesi yang satu ini memiliki tanggung jawab dalam melakukan dalam membersihkan, memproses dan mengolah Big Data yang sebelumnya sudah dikumpulkan oleh Data Engineer. Data Scientist juga sering melakukan percobaan untuk membuktikan dan memberikan saran yang paling tepat agar perkembangan sebuah organisasi, perusahaan, dan badan usaha mengalami pertumbuhan yang cepat.

Tugas Data Scientist menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipahami dan diterima oleh semuanya, berdasar dari kumpulan data besar yang sudah ada. Data Scientist juga harus bisa dengan program olah data seperti SQL dan Phyton. Alangkah baiknya jika Anda harus bisa menguasai bidang pemrogaman data, komunikasi, matematika, statistik, dan eknomi.

Data Engineer

Untuk profesi yang satu ini, mereka memiliki tugas untuk mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data dan memonitor infrastrukturnya pada sebuah perusahaan. Anda juga akan mengelola jalur data untuk perusahaan yang nantinya akan menangani data dalam jumlah yang cukup besar. Anda juga harus selalu memastikan bahwa data tersebut bisa dikumpulkan dan diambil secara efisien dari sumber ketika akan dibutuhkan, dibersihkan dan diproses. Tujuannya adalah untuk membangun dan mengoptimalkan sistem perusahaan yang bagi Data Analyst dan Data Scientist menyelesaikan pekerjaan mereka. Anda juga harus memiliki keahlian di bidang programming, Big Data, dan matematika.

Data analyst

Profesi ini mengharuskanmu untuk selalu bisa berhadapan dengan banyak data yang nantinya akan dibersihkan, dianalisis, dan dibuatkan visualisasinya. Salah satu tugas dari seorang Data Analyst adalah mencari Insight untuk memajukan bisnis dari berbagai aspek, lalu kemudian diberikan pada Data Engineer.

Data analyst memiliki  tanggung jawab untuk mengolah bahan yang diberikan untuk membuat eksperimen dan menentukan strategi bisnis lanjutan. Tugas dari  Data Analyst  pasti lebih banyak berhubungan dengan visualisasi data yang menjadi penghubung tim pemasaran, tim penjualan, tim teknis, dan strategi bisnis.  Dan untuk menyelesaikan pekerjaan setiap harinya, Data Analyst akan bekerja dengan program Excel, Tableau, dan SQL. Anda juga harus bisa menguasai istilah bisnis dan tools yang nantinya akan digunakan untuk membuat grafik/infografik.

Baca juga artikel lainnya : Pekerjaan Big Data yang Paling Banyak Dicari Saat Ini


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 32 times, 1 visits today)