Pengeluaran global untuk produk dan layanan cyber security diperkirakan meningkat 12-15% setiap tahun hingga 2021. Karena apa pun yang terhubung ke internet adalah target untuk peretasan, permintaan akan cyber security diperkirakan akan terus tumbuh. Kalau Anda ingin bekerja di perusahaan sebagai cyber security, berikut sertifikat cyber security yang perlu dimiliki.

Network+

Sertifikat Cyber Security

Sumber Foto : redbridgecourses.com

Sertifikasi Network+ diperoleh melalui CompTIA, dan meskipun tidak diperlukan untuk sebagian besar pekerjaan di bidang cyber security, sertifikasi ini memberikan dasar yang bagus tentang cara komputer dan jaringan berkomunikasi, serta beberapa praktik cyber security.

Untuk menerima sertifikat ini, Anda harus memahami hal-hal berikut:

  • Konsep jaringan
  • Infrastruktur
  • Operasi jaringan
  • Keamanan jaringan
  • Pemecahan masalah jaringan dan alat

Keunggulan sertifikasi Network+ adalah sertifikasi ini membuka pintu untuk pekerjaan TI tingkat pemula dan membuka jalan untuk menjadi cyber security. Tes untuk sertifikasi ini berlangsung selama 90 menit, dengan skor kelulusan 720 pada skala 900 (80% atau lebih). Biayanya $329 USD untuk orang-orang di Amerika Serikat, dan biasanya ada diskon untuk orang di luar AS. 

Security+

Sertifikat Cyber Security

Sumber Foto : registereddocuments.online

Security+ akan memberikan pemahaman dasar tentang kriptografi, manajemen risiko, dan kerentanan. Melalui sertifikasi ini, Anda diharapkan bisa menginstal dan mengonfigurasi sistem serta perangkat, aplikasi, dan jaringan yang aman, melakukan analisis ancaman pada sistem, dan menerapkan teknik mitigasi.

Untuk lulus ujian Keamanan+, Anda harus memiliki pemahaman tentang hal-hal berikut:

  • Ancaman, serangan, dan kerentanan
  • Manajemen identitas dan akses
  • Manajemen risiko
  • Arsitektur dan desain jaringan
  • Kriptografi dan KPI

Biaya untuk memperoleh sertifikasi Security+ adalah $349 USD. Untuk mereka yang ada di negara berkembang, biasanya ada diskon untuk harga tersebut.

Certified Ethical Hacker (CEH)

Sertifikat Cyber Security

Sumber Foto : biaya.info

Sertifikat ini mengharuskan peserta untuk memiliki dua tahun pengalaman di industri IT. Inti dari sertifikasi CEH adalah pelatihan mengenai cara mengidentifikasi kelemahan di jaringan Anda sehingga dapat diperbaiki. Peserta akan diarahkan ke lima fase peretasan: pengintaian, mendapatkan akses, penghitungan, mempertahankan akses, dan menutupi jejak.

Anda akan menjalani ujian enam jam untuk menguji pengetahuan tentang melakukan audit keamanan. Ada beberapa paket kelas, tetapi ujian CEH praktis dikenakan biaya $550 USD.

Certified Information Systems Security Professional (CISSP)

Sumber Foto : certhub.com.au

Sertifikasi CISSP memberikan beberapa kriteria sebelum Anda mengikuti ujiannya. Pertama, Anda memiliki minimal lima tahun pengalaman industri IT dan memahami dua dari delapan domain Common Body of Knowledge.

Sebagai salah satu sertifikat cyber security bergengsi, CISSP mencakup mitigasi kerentanan dalam sistem berbasis web, konsep kriptografi, investigasi, serta etika profesional. Untuk mendaftar dan mengikuti ujian CISSP biasanya membutuhkan $699 USD. Biaya penjadwalan ulang adalah $50 USD, dan $100 USD untuk pembatalan.

Licensed Penetration Tester (LPT)

Sumber Foto : eccouncil.org

 

LPT merupakan penunjukan tingkat ahli yang diawasi oleh EC-Council dan hanya diberikan kepada orang-orang yang telah menguasai teknik cyber security. Syarat untuk mengikuti ujian LPT adalah berpengalaman minimal dua tahun sebagai penguji penetrasi, mempunyai sertifikasi EC-Council Security Analyst (ECSA), memiliki sertifikasi lain yang setara, seperti GIAC Penetration Tester (GPEN).

Kit ujian master berharga $899.00 USD dan termasuk akses ke dasbor tes serta langganan lisensi selama 2 tahun. Selain itu, ada biaya aplikasi sebesar $100 USD.

Di antara semua sertifikat cyber security di atas, sudah adakah yang Anda miliki salah satunya?

Baca juga : Prospek Kerja Cyber Security yang Sangat Menjanjikan

(Visited 22 times, 1 visits today)