Keterampilan pemecahan masalah dengan hati-hati dan pendekatan analitis untuk masalah tersebut menjadikan Anda kandidat yang baik untuk posisi data analyst. Baik Anda merupakan seorang profesional atau mau beralih ke bidang data analytics, Anda perlu menguasai keterampilan berikut ini.

Berbagai Keterampilan Data Analytics

Data Analytics

Sumber Foto : ems.ekrut.com

 

Berikut lima keterampilan utama yang harus Anda kuasai kalau mau menjadi data analis yang andal.

Berpikir kritis

Dalam peran analisis data, pemikiran kritis membantu Anda menentukan pertanyaan atau masalah yang perlu Anda pecahkan. Ini memungkinkan Anda untuk menganalisis data dari berbagai sudut pandang dan menemukan solusi kreatif. Misalnya, Anda bekerja untuk sebuah perusahaan hiburan dan diminta untuk menganalisis angka-angka box office terbaru, pemikiran kritis membantu Anda menentukan mengapa angka-angka itu penting.

Statistik

Mengetahui cara membaca dan menafsirkan data statistik sangat penting untuk posisi analis data. Sebagian besar teknik data mining yang akan Anda gunakan dalam pekerjaan melibatkan statistik. Memahami metode statistik, seperti analisis regresi nonlinier, analisis prediktif, dan standar deviasi membantu Anda menganalisis dan menafsirkan informasi. 

Matematika

Seorang analis data di berbagai bidang perlu menggunakan matematika setiap harinya. Tidak hanya pemahaman statistik yang komprehensif, tetapi Anda juga harus terbiasa dengan prinsip-prinsip matematika, seperti aljabar linier dan kalkulus. Aljabar linier paling sering digunakan untuk membuat algoritma. Mengetahui mengapa algoritme dibuat untuk mengumpulkan data membantu Anda menjelaskannya dengan lebih baik kepada pimpinan perusahaan.

Visualisasi data

Dasar-dasar visualisasi data mencakup grafik, bagan diagram, infografis dan alat visual lainnya. Anda bisa menggunakan itu dengan teks untuk menyaring informasi yang mudah dimengerti. Menggunakan campuran teks dan grafik yang disusun semenarik mungkin membuat laporan Anda akan menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti.

Ilmu komputer

Pekerjaan Anda mungkin melibatkan memasukkan data ke dalam program analisis statistik atau menulis program yang memungkinkan Anda menjalankan laporan statistik. Banyak perusahaan juga bekerja dengan kecerdasan buatan, dan Anda mungkin bertanggung jawab untuk memprogram mesin sehingga bisa mengetahui data apa yang harus diambil.

Memahami bahasa pemrograman, database, dan perangkat lunak analitik akan memungkinkan Anda mempelajari pekerjaan analis data dengan lebih cepat, terlepas dari perangkat lunak yang digunakan perusahaan. Sudah siap bekerja di bidang data analytics?

Baca juga : Berbagai Data Analyst Tools yang Wajib Anda Kuasai

(Visited 23 times, 1 visits today)